BERITA UTAMAKOTA SUKABUMI

Hari ini Gerhana Matahari, Masyarakat Dihimbau Laksanakan Salat Kusuf Al Syams

SUKABUMI – Hari ini, matahari di Kota Sukabumi di mulai pukul 10:49 WIB hingga 14:25 WIB bakal terlintasi gerhana matahri. Kantor Kementrian Agama Kota Sukabumi menghimbau agar masyarakat melaksanakan salat gerhana matahari atau Kusuf al Syams.

Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Sukabumi, Asep Hidayat menyampaikan, menindaklanjuti surat dari Plh Dirjen Binmas Kementrian Agama, pihaknya telah mengeluarkan surat himbauan kepada masyarakat Kota Sukabumi untuk melaksanakan salat gerhana matahari.

“Kami sudah rencanakan untuk melaksanakan salat gerhana matahari di masjid Agung Kota Sukabumi bersama Pemerintah Kota Sukabumi,” ungkapnya kepada Radar Sukabumi, Rabu (25/12).

Selain itu, kepada masyarakat untuk melaksanakan salat gerhana matahari secara berjamaah dan melakukan hutbah. Kemudian, dianjurkan untuk bertakbir, memperbanyak zikir, istigfar, sedekah dan amal-amal kebajikan.

“Kami juga mengimbau agar masyarakat berdoa untuk keselamatan bangsa dan negera, khususnya Kota Sukabumi,” imbaunya.

Asep menyebut, gerhana matahari di Kota Sukabumi bakal dimulai pukul 10:49 dan berakhir pada pukul 12:41 WIB. Panduan shalat gerhana hampir sama dengan rukun shalat pada umumnya. Namun, sedikit ada perbedaan rukun saat itidal setelah rukuk. Jamaah tidak langsung sujud, melainkan kembali membaca surat Al fatihah dan satu surat lainnya.

Loading...

“Kemudian para jamaah kembali rukuk dan itidal sebelum melakukan sujud. Sujud dilakukan dengan durasi yang sama dengan rukuk. Semua rukun itu dilakukan pula dalam rakaat kedua dan ditutup dengan salam,” pungkasnya. (upi/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button