Harga Telor di Kota Sukabumi  Melangit, Ibu-ibu ‘Menjerit’

pedagang di Pasar Pelita Kota Sukabumi
Salah seorang pedagang di Pasar Pelita Kota Sukabumi, saat melayani pembeli.

SUKABUMI — Sejumlah ibu rumah tangga (IRT) di Kota Sukabumi, mengeluhkan kenaikan harga telur telur ayam yang saat ini tembus hingga Rp28 ribu dari sebelumnya sekitar 27 ribu perkilogram, Selasa (15/11).

Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, beberapa bahan pokok penting (Bapokting) yang saat ini mengalami kenaikan diantaranya, Telor ayam naik dari Rp.27.000 jadi Rp.28.000, Cabai merah besar TW turun dari Rp.32.000 jadi Rp.30.000 dan Cabai merah keriting naik dari Rp.35.000 jadi Rp.38.000.

Bacaan Lainnya

“Saya kaget ketika hari ini belanja telor ayam, harganya udah naik lagi sebelumnya hanya Rp26 ribu sampai Rp27 ribu saat ini naik menjadi 28 ribu perkilogram,” kata salah pembeli asal warga Kecamatan Nyomplong, Rika (36) kepada Radar Sukabumi, Selasa (15/11).

Kenaikan harga telur tersebut, membuat Rika harus mengurangi jumlah pembelian yang biasanya membeli tiga kilo sekarang hanya membeli satu smapai dua kilo.

“Biasnaya kalau belanja saya membeli tiga sampai lima kili. Karena harganya naik sehingga mengurangi jumlah pembelian,” ujarnya.

Hal sedana di ungkapkan pembeli lainnya, Neni (40) kenaikan harga tersebut membuat para pembeli harus mengurangi jumlah pembelian. “Kenaikannya sudah berlangsung hampir satu minggu. Dan tentunya ini memberatkan bagi pembeli apalagi yang ekonominya menengah ke bawah,” ucapnya.

Sementara itu, Kasi Pengawasan Barang Diskumindag Kota Sukabumi, Moh Rifki menjelaskan, dari hasil pengecekan lapangan kenaikan harga telur ini terjadi sudah sekitar satu minggu karena saat ini pasokan barang sedikit berkurang.

“Ya, hasil penegecekan memang mengalami peningkatan. Hal itu, terjadi karena pasokannya berkurang sedangkan jumlah permintaan meningkat sehingga berdampak terhadap peningkatan jarga,” jelasnya.

Tak hanya itu, harga Bapokting lainnya yang saat ini mengalami perubahan harga yakni, Cabai keriting hijau turun dari Rp.18.000 jadi Rp.15.000, Tomat kecil naik dari Rp.10.000 Jadi Rp.14.000, Tomat besar naik dari Rp.12.000 jadi Rp.18.000 dan Buncis naik dari Rp 8000 jadi Rp.10.000 perkilogram.

“Meski banyak perubahan harga Bapokting tetapi sampai saat ini ketersediaan barang kucup aman,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *