Tim Animal Rescue Damkar Kota Sukabumi Taklukan Puluhan Ekor Ular dan Sarang Tawon

Damkar Kota Sukabumi
Sejumlah personel Damkar Kota Sukabumi saat berupaya mengevakuasi sarang tawon vespa

SUKABUMI — Sepanjang Januari hingga November 2022, Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Sukabumi, berhasil mengevakuasi sedikitnya 62 sarang tawon vespa dan 48 ular yang masuk pemukiman warga.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi, Sudrajat mengatakan, evakuasi sarang tawon dan ular ini semuanya dilakukan setelah adanya laporan warga.

Bacaan Lainnya

“Setelah adanya laporan warga, Tim Animal Sescue langsung melakukan pengecekan lokasi hingga melakukan evakuasi,” kata Sudrajat kepada Radar Sukabumi, Senin (14/11).

Menurutnya, saat ini banyak warga yang mengadukan terkait banyaknya ular dan sarang tawon di sekitar pemukiman. Sebab khawatir mengganggu warga, akhirnya petugas cepat respon melakukan evakuasi.

“Kalau evakuasi ular biasanya langsung bisa dilakukan malam hari, beda dengan evakuasi tawon yang harus dieksekusi pada malam hari,” bebernya.

Lanjut Sudrajat, dalam proses evakuasi petugas penyelamatan sudah dibekali beberapa perlengkapan dan keterampilan khusus. Misalnya saja, evakuasi sarang tawon sebelumnya terlebih dulu disemprot obat pembasmi serangga, lalu beberapa lubang disumpal agar tidak ada tawon yang keluar sarang menyerang petugas.

“Alhamdulillah dengan keahlian petugas sejauh ini proses evakuasi bisa diselesaikan dengan baik,” cetusnya.

Mayoritas, keberadaan tawon vespa ini berada di wilayah pinggiran seperti, Kecamatan Lembursitu, Baros, Gunungpuyuh dan kecamatan lainnya.

“Kebanyakan evakuasi sarang tawon vespa ini di Kecamatan Lembursitu sisanya hampir merata di setiap kecamatan,” ucapnya.

Sejauh ini, petugas Damkar belum pernah menerima adanya laporan warga yang disengat tawon maupun digigit ular. Kendati demikian, Damkar tidak hentinya menghimbau kepada warga untuk tetap waspada.

“Jika terdapat kembali sarang tawon maupun ular yang dapat membahayakan segera laporkan kepada petugas Damkar Kota Sukabumi,” tutupnya. (bam)

Damkar Kota Sukabumi
Petugas Damkar Kota Sukabumi saat melakukan evakuasi ular sanca di Jalan Kenari RT. 01/04, Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *