Alat GeNose 19, Deteksi Penumpang Covid-19

ejumlah penumpang dicek kesehatan di Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi, Senin (26/4).

SUKABUMI – Menjelang Perayaan Idul Fitri 1442 Hijriyah Terminal KH Ahmad Sanusi, Kecamatan Baros Kota Sukabumi mulai menyediakan layanan tambahan pengecekan Covid-19 dengan alat GeNose 19.

Kepala Terminal KH. Ahmad Sanusi, Yukky Rahmat Yunus mengatakan, alat pengecekan Covid-19 bernama GeNose 19 tersebut disediakan untuk mendeteksi calon penumpang yang terkonfirmasi Covid-19.

Bacaan Lainnya

“GeNose tersebut merupakan pemberian dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Saat ini sudah digunakan diterminal,” kata Yukky.

Alat khusus untuk mendeteksi Covid-19 tersebut, kata Yukki hanya ada satu, dan masih dalam sistem sampling, sehingga hanya dapat digunkana untuk sebanyak 10 0rang per hari bagi penumpang yang akan melakukan pemberangkatan.

“Apabila nantinya ada calon penumpang yang dinyatakan terkonfirmasi oleh alat itu, maka akan langsung dibawa oleh petugas kesehatan, untuk dilakukan swab antigen,” ucapnya.

Yukky mengatakan, menjelang lebaran tahun ini, untuk mengantisipasi terjadinya kedatangan pemudik dari luar kota, kesiapan dalam menjelankan protokol kesehatan terus tingkatkan.

“Terkait larangan mudik tahun ini, kita baru menerima surat edaran dari Mentri Perhubungan. Sedangkan untuk secara teknisnya dalam, kita masih menunggu arahan lebih lanjut dari Dirjen Perhubungan Darat,” pungkasnya. (Bal)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *