PT Bogorindo Cemerlang Klaim Lahan 299 Hektare di Tenjojaya Berstatus HGB

Tenjojaya
SUASANA : Lokasi lahan 299 hektare di wilayah Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, saat dilakukan penataan oleh PT Bogorindo Cemerlang untuk ditanami cabai bersama warga sekitar.

SUKABUMI – PT Bogorindo Cemerlang, akhirnya angkat bicara soal status lahan seluas 299 hektare yang berada di wilayah Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak. Bagaimana tidak, ratusan hektare lahan yang sebelumnya merupakan eks hak guna usaha (HGU) PT Tenjojaya, kini telah berubah statusnya menjadi hak guna bangunan (HGB) yang kini dimiliki PT. Bogorindo Cemerlang.

Kejelasan status lahan tersebut, diperkuat berdasarkan hasil putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) sekitar tahun 2018 dan 2019. Dalam putusannya itu, telah memperkuat bahwa ratusan hektare lahan tersebut tetap dimiliki perusahaan PT Bogorindo Cemerlang.

Bacaan Lainnya

General Affair Manager PT Bogorindo Cemerlang, Berlin Sumadi didampingi General Affair PT Bogorindo Cemerlang, Moch Iqbal kepada Radar Sukabumi menjelaskan, kepemilikan lahan tersebut terbukti setelah dua kali digugat secara perdata. “Iya, sesuai putusan peradilan sah secara perdata HGB milik PT Bogorindo Cemerlang,” kata Berlin kepada Radar Sukabumi pada Jumat (14/01).

Meski demikian, sambung Berlin, PT Bogorindo Cemerlang sangat welcome, apabila ada warga atau pihak yang akan menggarap atau memberdayakan lahannya. Tentu saja, hal itu harus sesuai dengan mekanisme atau aturan yang ada.

Untuk penertiban administrasi, maka dirinya menyarankan agar jangan sampai ada warga atau pihak lain yang terkesan memonopoli lahan.

“Pihak perusahaan, saat ini tengah menata kembali mengenai garapan. Iya, persoalan saat ini seperti mempermasalahkan status kepemilikan seolah terus bergulir. Padahal, kita sangat welcome dan siap duduk bersama jika ada hal yang miskomunikasi,” bebernya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.