Wujudkan Pertanian Mina Padi, Wisata Lokal Cibayonah, dan Lapang Olahraga

  • Whatsapp

RADARSUKABUMI.com – Kecamatan Cireunghas punya program andalan pada 2019.Ya, kecamatan yang dipimpin Camat Cireunghas, H Udin Saprudin, S.IP ini berencana mewujudkan Wisata Lokal Bayonah Yang Tertata dan menjadi salah satu aset kepariwisataan Kabupaten Sukabumi.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Bacaan Lainnya

Kecamatan Cireunghas merupakan bagian dari kecamatan-kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang masuk wilayah Sukabumi, Sukaraja, Sukalarang, Kebonpedes, dan Cireunghas atau Susukecir.

Kecamatan yang dipimpin Camat Cireunghas, H Udin Saprudin, S.IP mempunyai konsep pembangunan yang menitik beratkan pada sektor pertanian dan wisata lokal pada program kerja kecamatan.

Camat Cireunghas, H Udin Saprudin, S.IP menerangkan untuk program kerja sektor pertanian merupakan bagian dari keunggulan di Kecamatan Cireunghas. Karena itu pada 2018 bekerjasam dengan BP3K Dinas Pertanian, sudah mewujudkan pembangunan pertanian mina padi di Desa Cikurutug.

“Sebanyak 80 Ha lahan di Desa Cikurutug dipersiapkan untuk mendukung program Mina Padi ini,”katanya kepada Radar Sukabumi, kemarin. Tidak hanya Mina Padi atau bersawah sambil menanam padi, di wilayah 80 Ha Desa Cikurutug tersebut imbuh camat sudah membangun lumbung-lumbung padi besar sebagai tempat menampung padi.

“Tinggal sekitar 100 meter lagi mudah-mudahan pada 2019 bisa selesai (pembangunan lumbungnya),”tuturnya seraya berharap. Adapun bibit padi yang ditanam di sana yang paling diunggulkan oleh kelompok tani dan masyarakat tani di Kecamatan Cireunghas, yakni, kata camat berjenis Cimerang dan IR. Begitupun padi yang bentuknya besar bulat dan pulen. Padi-padi tersebut memang padi unggulan yang diandalkan.

” Satu Ha sawah (diharapkan) dapat menghasilkan sampai 8 ton beras,”katanya dan ini menjadi kebutuhan masyarakat dalam rangka mendukung program Bupati Sukabumi, yakni mewujudkan beras premium Sukabumiku.

Sementara itu, tidak hanya program Mina Padi untuk mendukung program Pemkab Sukabumi mewujudkan Beras Sukabumiku, camat juga mengatakan bahwa pada 2019 akan mewujudkan Wisata Lokal Cibayonah di Cireunghas. “Wisata Cibayonah akan ditata dengan menggunakan bantuan P3K, lapang ditata, dibangun untuk lokasi jualan juga dibangun bumi perkemahan

.Mudah-mudahan Wisata Cibayonah bisa terwujud pada 2019,”tuturnya seraya berharap. Program selanjutnya yang juga menjadi andalan Kecamatan Cireunghas, yakni mewujudkan lapang olah raga masyarakat yang tertata. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *