Siratu dan Sijampang Sukabumi Permudah Layanan Perkawinan

aplikasi Siratu dan Sijampang
Proses peresemian aplikasi Siratu dan Sijampang dengan menyentuh layar.

SUKABUMI – Pemerintah Kabupaten Sukabumi berkomitmen untuk memberikan pelayanan lebih mudah kepada masyarakat tentang administrasi terkait perkawinan serta penyelenggaraan sidang isbat terpadu.

Kesepakatan tersebut dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan bersama yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, Kepala Pengadilan Agama Negeri Cibadak A. Mahfudin dan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi Hasen Chandra di Aula Sekretariat Daerah, Palabuhanratu, Jumat (26/11). Dalam kesempatan itu, dilakukan juga launching aplikasi Siratu dan Sijampang.

Bacaan Lainnya

Kepala PA Negeri Cibadak A. Mahfudin menyatakan, tujuan dari penandatangan MoU ini untuk memberikan pelayan lebih mudah kepada masyarakat. Sebab masih banyak masyarakat yang belum tercatat perkawinannya dan akan diadakan sidang isbat terpadu.

“Dengan luasnya wilayah Kabupaten Sukabumi dengan 47 Kecamatan, kami berupaya untuk membuat aplikasi yang bersinergi dengan Pemkab Sukabumi untuk mempermudah masyarakat yaitu dengan sidang online dan isbat online,” ucapnya.

Ia berharap terobosan aplikasi Siratu dan Sijampang tersebut dapat berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi. “Mudah – mudahan aplikasi ini bisa terus berkembang lagi untuk membantu masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman menyampaikan, bahwa pemerintah menyambut baik dengan adanya kerjasama ini. Ia juga berharap agar ruang lingkup kesepakatan itu dapat terealisasikan secara utuh.

“Kami berharap ini dapat terealisasikan, mulai dari pelayanan terpadu sidang isbat, pencatatan perkawinan oleh pegawai pencatat nikah atas dasar penetapan isbat nikah oleh pengadilan agama, pencatatan kelahiran anak yang dilahirkan dari perkawinan yang telah dicatat oleh pegawai pencatat nikah atas dasar penetapan pengadilan agama,” paparnya.

Selain itu, pendaftaran dan pelaksanaan sidang secara online, pengiriman petikan salinan putusan dan salinan penetapan melalui Siratu, akses sistem informasi PTSP online melalui Sijampang. “Begitupun bidang – bidang lainnya yang disepakati bersama sesuai dengan kebutuhan para pihak,” ungkap Ade.

Dengan adanya kerjasama ini, Ade juga berharap akan terciptanya kegiatan yang saling menunjang tugas pokok dan fungsi antar lembaga, terutama dalam penguatan integrasi informasi data layanan pengadilan agama, pencatatan pernikahan dan administrasi kependudukan.

“Ikhtiar seperti itu kita lakukan dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan hak identitas hukum dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan hukum, khususnya di wilayah Kabupaten Sukabumi,” tandasnya.

Sebagai informasi aplikasi Siratu merupakan inovasi terbaru Pengadilan Agama (PA) Cibadak Kabupaten Sukabumi untuk memudahkan para pencari keadilan mengenai informasi perkara. Mulai dari pendaftaran, proses persidangan sampai dengan proses perkara selesai dan terbitnya akta cerai melalui aplikasi chat Whatsapp, yang dapat menjawab secara otomatis informasi umum mengenai kepaniteraan terkait prosedur berperkara maupun informasi umum mengenai Pengadilan Agama Cibadak, dimana langsung terintegrasi dengan SIPP.

Sedangkan Sijampang merupakan inovasi baru Pengadilan Agama Cibadak yang saling berkaitan dengan Siratu. Sijampang merupakan pelayanan teradu satu pintu (PTSP) secara online di Pengadilan Agama Cibadak. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat atau pencari keadilan untuk mendapatkan informasi mengenai proses pendaftaran sampai ke proses akhir persidangan dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom, sehingga bisa diakses dimana saja dan kapan saja sesuai dengan jam kerja Pengadilan Agama Cibadak.

Nantinya para pencari keadilan terhubung langsung dengan petugas PTSP online pengadilan agama cibadak dan petugas akan memberikan informasi yang akurat dan melayani dengan sepenuh hati, menerapkan 3S yaitu Senyum. Salam, dan Sapa.

Siratu dan Sijampang merupakan cikal bakal media aplikasi yang akan menggantikan proses manual menuju digitalisasi, terkait seluruh pelayanan pengadilan. Sebab, dengan Siratu dan Sijampang pelayanan pengadilan kini ada dalam genggaman. Bahkan kini dalam proses pengembangan dengan Kominfo Kabupaten Sukabumi untuk dientegrasikan dengan App Bimasakti. (ris/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.