Healthy Cities Summit ke VI di Sukabumi Akan Dihadiri Jokowi Hingga Empat Menteri

Healthy Cities Summit ke VI di Sukabumi

SUKABUMI – Menjelang event nasional Healthy Cities Summit (HCS) Ke-VI tahun 2024 yang rencananya akan di selenggarakan selama 3 hari di wilayah Kabupaten Sukabumi, sejumlah perangakat daerah telah melakukan rapat koordinasi dengan Forum Silaturahmi Kabupaten Sukabumi Sehat (FSKSS) Kabupaten Sukabumi di Gedung Negara Pendopo Sukabumi, tepatnya di ruas Jalan Raya Ahmad Yani, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi pada Kamis (06/06).

Berdasarkan informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, beberapa lokasi telah disiapkan dalam agenda event dua tahunan yang yang akan digelar pada 28 hingga 30 Juli 2024 tersebut. Bahkan, kegiatan akan dibuka dengan pemukulan gong oleh Presiden RI Joko Widodo dan sejumlah Menteri serta Sekretaris Kabinet RI, serta dihadiri seluruh Kota dan Kabupaten se Indonesia.

Bacaan Lainnya

Ketua FSKSS Kabupaten Sukabumi, sekaligus penyelenggara kegiatan HCS Ke-VI tahun 2024, Yani Zatnika Marwan kepada Radar Sukabumi mengatakan, pihaknya sengaja melakukan rapat mengenai hal teknis, protokoler dan lain sebagainya, untuk lebih dimatangkan dan lebih maksimal. “Iya, karena waktunya sedikit lagi tinggal dua bulan lagi,” kata Yani kepada Radar Sukabumi pada Kamis (06/06).

Istri dari Bupati Sukabumi ini, mengaku kepada Radar Sukabumi bahwa pada rapat koordinasi ini, ia telah melakukan pengecekan kembali, terkait jumlah peserta dari kota dan kabupaten di Indonesia yang sudah login atau yang akan hadir pada event nasional tersebut.

“Kegiatan ini, sangat penting sekali karena untuk mensukseskan kegiatan Summit. Iy, kita tahu KKS ini, merupakan tujuan bersama dalam menyehatkan masyarakat terutama di Kabupaten Sukabumi yang sehat. Terlebih lagi Kabupaten Sukabumi sudah 3 kali menyandang gelar penghargaan Wistara secara berturut-turut. Sehingga keberhasilan ini harus dipertahankan untuk menunjukan Kabupaten Sukabumi sebagai tuan rumah yang baik dalam kegiatan HCS,” bebernya.

Masih ditempat yang sama, Tim Pelaksana Kegiatan HCS Ke-VI tahun 2024, Ajat Zatnika kepada Radar Sukabumi mengatakan, pada rapat koordinasi tersebut, ia sengaja telah mengundang beberapa para perangkat daerah di Kabupaten Sukabumi yang terkait dengan bidang protokoler dan seminar workshop. Karena, perangkat daerah ini merupakan tim dari koordinasi penyelenggaraan HCS.

“HCS ini rencananya akan dipusatkan di SBH Palabuhanratu yang akan menghadirkan seluruh kabupaten dan kota di Indonesia,” kata Ajat kepada Radar Sukabumi.

Pada event tersebut, Ajat mengatakan kepada Radar Sukabumi, bahwa ia telah
menyediakan kapasitas sekitar 700 orang peserta. Namun demikian, jumlah peserta tersebut, dimungkinkan banyak yang akan hadir hingga 2 sampai 3 kali lipat dari jumlah kapasitas yang ada.

“Sebenarnya, pesertanya kita batasi dan yang bisa hadir hanya terdiri dari pembina yang notabane-nya Sekda kepala daerah dan ketua forum. Tapi sisanya pasti banyak yang ikut. Bahkan, sudah ada yang login itu sampai ada 200 peserta yang akan hadir dari wilayah Pulau Sulawesi Selatan pada acara nanti. Tadi yang sudah login itu baru ada 13 kota dan kabupaten di Indonesia,” paparnya.

Lebih lanjut Ajat menjelaskan kepada Radar Sukabumk, bahwa rangkaian event tersebut, akan dilakukan dari lokasi City Tour yang mulai dari Pasangggarahan Tenjoresmi, Palabuhanratu, Gedung IKMZ

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan ke di Gedung Swasti Saba Palabuhanratu, kemudian kegiatan dilanjutkan ke lokasi Air Siliwangi yang merupakan destinasi air laut menjadi air minum, kemudian ke lokasi Alun-Alun Kadubangkong. “Nah peserta itu nanti akan diberikan suguhan dengan menyiapkan tenda UMKM, suguhan hiburan music dari para penggiat seni lokal,” paparnya.

Setelah itu, dihari ketiganya direncanakan akan melakukan kegiatan visitasi tatanan yang akan dilakukan di tiga lokasi. Yakni, di lokasi Star Energi Kecamatan Kabandungan untuk tatanan perindustrian dan perkantoran sehat. Kemudian visitasi di RSUD Sekarwangi Cibadak, untuk mempersentasikan sarana dan prasarana serta fasilitas umum. Sementara lokasi ke tiga berada di Sunpension Brigde Situ Gunung Kadudampit, untuk mempersentasikan tatanan pariwisata sehat.

“Nah, di hari pertama akan dibuka hari Senin oleh Pak Presiden di Grand Inna SBH pada pagi harinya. Kalau melihat dari momentum pertemuan Pak Jokowi dengan seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia, kelihatanya Pak Jokowi akan hadir untuk memanfaatkan momentum tersebut. Karena, dimasa akhir jabatannya bisa bertemu langsung dengan Bupati dan Walikota se Indonesia,” timpalnya.

“Beberapa menteri juga akan hadir, mulai dari Menko PMK, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Lingkungan Hidup. Bahkan, Sekretaris Kabinet RI telah meminta secara langsung untuk hadir pada kegiatan itu,” bebernya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *