Bupati Sukabumi Targetkan Vaksinasi 70 Persen

Bupati Sukabumi Marwan Hamami
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan dan arahan terkait program pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI – Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus mengejar capaian vaksinasi berada di angka 70 persen pada akhir 2021. Oleh karena itu, berbagai upaya telah dilakukan agar semua target tersebut tercapai.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, target 70 persen capaian vaksin harus terpenuhi. Hal ini demi terciptanya herd immunity di Kabupaten Sukabumi.

Bacaan Lainnya

“Tidak berbicara lagi 50 persen. Namun capaian 70 persen. Sebab, mengejar Desember,” kata Marwan saat rapat koordinasi (rakor) lintas sektor terkait program pencegahan dan pengendalian Covid-19 tingkat Kabupaten Sukabumi di Hotel Pangrango, Kamis (25/11).

Dalam rakor tersebut, dilakukan penguatan dan sinkronisasi disetiap perangkat daerah untuk mempercepat capaian dengan konsolidasi persoalan yang ada di lapangan. “Semua disinkronkan. Dari mulai data, pergerakan, dan pengawasan. Sehingga, tak ada cerita capaian tidak terpenuhi,” ucapnya.

Sejumlah hal yang akan dilakukan untuk mengejar capaian vaksinasi, ialah mobilisasi masyarakat. Terutama di daerah yang jauh. “Kita siapkan kendaraan. Nanti warga akan kita kumpulkan disatu titik untuk divaksin. Nanti warga bisa kita antar jemput menggunakan kendaraan dinas atau yang lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, dokter masuk kampung akan semakin diintensifkan. Terutama dalam menjangka daerah-daerah yang aksesnya terbatas. “Nanti, dokter masuk kampung ini akan menyisir warga yang belum tervaksin,” bebernya.

Tak hanya itu, nanti puskesmas bisa diberlakukan 24 jam. Termasuk bekerjasama dengan klinik yang buka 24 jam untuk mengantisipasi ketika capain vaksinasi masih kurang. “Bisa saja, vaksinasi dilakukan ketika belum terkejar capaiannya. Apalagi, disinyalir ada warga yang baru bisa divaksin dimalam hari. Sebab, siangnya mereka bekerja,” bebernya.

Berkaitan vaksin itu sendiri, menurutnya sudah cukup banyak. Sehingga, mampu untuk mempercepat capaian. “Vaksin banyak. Hampir mendekati 200 ribu,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Harun Alrasyid mengatakan, target vaksinasi yang akan dilakukan ialah bulan vaksinasi. Dimana, selama satu bulan akan dikejar vaksinasi disejumlah daerah. “Sebelumnya telah ada pekan vaksinasi. Sekarang strateginya diganti menjadi bulan vaksinasi. Sehingga sasaran 70 persen bisa tercapai,” ungkapnya.

Sebab, secara penanggulangan covid 19 di Kabupaten Sukabumi sudah cukup baik. Sehingga, fokusnya tinggal vaksinasi. “Kalau dilihat dari penanganan covid 19, Kabupaten Sukabumi sudah berada di level 1. Sebab, upaya pencegahan penanggulangan covid 19 di Kabupaten Sukabumi cukup berhasil,” pungkasnya. (upi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.