Infrastruktur

Lima Tahun Rusak, Jalan Pabuaran Ciwalat Mirip Kubangan Kerbau

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Sejumlah warga Desa Ciwalat, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi mengeluhkan jalan poros Pabuaran yang saat ini kondisinya rusak berat. Dampaknya, selain menghambat perekonomian masyarakat juga dapat mengancam keselamatan para pengendara roda dua.

Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, kerusakan jalan yang berstatus Jalan Kabupaten Sukabumi ini sudah berlangsung selama hampir lima tahun lebih. Tak heran, jika saat ini kodisinya mirip seperti kubangan kerbau. Sebagai bentuk protes warga, badan jalan yang rusak ditanami pohon pisang.

“Sudah beberapa tahun jalan ini dibiarkan rusak tanpa ada perbaikan dari pemerintah. Padahal, jalan ini sangat aktif di gunakan warga karena menghubungkan dua kecamatan yakni, Kecamatan Pabuaran dan Kecamatan Kalibunder,” ungkap salah seorang warga setempat, Hendra kepada Radar Sukabumi, Jumat (26/6).

Dijelaskannya, kerusakan Jalan Poros Pabuaran ini hampir dua kilometer lebih sehingga para pengendara harus ekstra berhati-hati ketika melaluinya. Sebab, banyak lubang dengan diameter besar menganga di badan jalan. “Banyak juga pengendara roda dua yang terperosok dan jatuh akibat terpeleset. Meski belum ada korban jiwa, tapi kerusakan jalan ini cukup membahayakan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, jika turun hujan kondisi ruas jalan ini digenangi air dan lumpur sehingga lubang jalan tidak terlihat oleh pada pengendara. Namun, apabila musim kemarau jalan tersebut menimbulkan demu sampai mengganggu pernapasan.

“Karena itu, kami meminta agar pemerintah bisa segera memperbaiki jalan ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi, kerusakan jalan ini menghambat perekonomian warga dimana banyak warga yang membawa hasil tanahnya melalui jalan ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ciwalat, Usep Alex membenarkan kerusakan jalan itu sudah berlangsung lebih dari lima tahun. “Sebelum saya menjabat kepala desa juga jalan ini konsinya sudah rusak, sampai sekarang belum ada perbaikan,” paparnya.

Pihaknya, sudah berupaya mengajukan perbaikan kepada Pemda Sukabumi melalui Dinas Pekerjaan Umum. Alhasil, pada tahun ini informasinya pemerintah akan segera memperbaiki kerusakan jalan tersebut.

“Di kecamatan pun sudah terdata dan akan diperbaiki namun sepertinya tidak semuanya. Jalan yang akan diperbaiki sekitar 1,3 kilometer sementara kerusakannya lebih dari itu. Mudah-mudahan ke depan pemerintah bisa memperbaiki semuanya,” pungkasnya. (bam/rs)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button