Disnak Kabupaten Sukabumi Tingkatkan Derajat Kesehatan Hewan, Suntik Vitamin dan Vaksin 97 Ekor Sapi di Pajampangan

Dinas Peternakan kabupaten sukabumi
Petugas Disnak Kabupaten Sukabumi, saat hendak memberikan vitamin kepada hewan sapi di di wilayah Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap

SUKABUMI – Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sukabumi melalui Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Peternakan dan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Wilayah Jampangkulon, menyelenggarakan pelayanan kesehatan hewan pada sapi di wilayah Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Drh. Asep Kurnadi kepada Radar Sukabumi mengatakan, sebanyak 97 ekor sapi telah terlayani di wilayah tersebut untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Bacaan Lainnya

“97 ekor sapi yang terlayani ini, terdiri dari 3 kelompok pangangonan atau umbaran, yaitu grup Pantai Pandan, grup Karang Panganten dan KT Petani Maju, serta grup Cikalapa,” kata Drh. Asep kepada Radar Sukabumi pada Rabu (10/07).

Lebih lanjut Drh. Asep menjelaskan, puluhan ekor sapi-sapi tersebut merupakan sapi yang dipelihara secara ekstensif atau diumbar di wilayah kebun kelapa yang ada di wilayah Pajampangan.

“Pelayanan dilakukan dengan tujuan meningkatkan kesehatan sapi melalui pemberian vitamin dan obat cacing,” ujarnya.

UPTD dan Puskeswan Wilayah Jampangkulon
Petugas UPTD dan Puskeswa

Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk meningkatkan tingkat kelahiran sapi melalui pemeriksaan kebuntingan dan pengobatan gangguan reproduksi. “Selain itu, hal juga sebagai salah satu bentuk upaya kami dalam pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) melalui vaksinasi,” tandasnya.

Ia berharap, kegiatan pelayanan kesehatan untuk hewan ternak sapi tersebut, dapat dilaksanakan 2-3 kali dalam setahun. “Hal ini, tentunya untuk meningkatkan derajat kesehatan sapi, sehingga dapat berdampak ke peningkatan populasi sapi di Selatan Sukabumi, dan turut meningkatan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (Den)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *