Dinkes Kabupaten Bandung Ajak Warga Agar Divaksin Sebelum Mudik

Vaksinasi

SOREANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung mengingatkan agar warga melakukan vaksinasi baik dosis pertama, kedua, maupun dosis ketiga (booster). Selain sebagai syarat mudik, hal ini akan mendorong mencapai target vaksinasi.

Kepala Dinkes Grace Mediana mengatakan, saat ini pihaknya telah menyiapkan dua Puskesmas secara khusus untuk bisa melayani vaksinasi dari mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Ia juga menuturkan bahwa ada 30 tim yang disebar di setiap kecamatan untuk memberikan pelayanan vaksinasi tersebut.

“Jadi itu adalah upaya kita dalam rangka mewujudkan capaian vaksinasi di Kabupaten Bandung, khususnya untuk booster 30 persen,” tutur Grace, Selasa (26/4/2022).

Selain upaya tersebut, Grace mengatakan gerai-gerai vaksin juga sudah tersedia di posko-posko pengamanan dan pelayanan mudik lebaran 2022. Pihaknya bekerjasama dengan TNI-Polri yang bertugas di pos kesehatan mudik.

“Kami memberikan pelayanan baik V1, V2, dan V3. Ketersediaan vaksin ada 100 ribu dosis. Nanti di bantu oleh tim Nakes, karena kami mengantisipasi situasi lapangan agar pemberian vaksinasi bisa optimal,” katanya.

Oleh karena itu, Grace berharap dan mengimbau kepada warga, khususnya di Kabupaten Bandung untuk bisa melakukan vaksin, sebab pihaknya telah menyiapkan beberapa opsi untuk masyarakat.

“Kita berharap lebih banyak masyarakat yang melakukan vaksin, apalagi yang ingin mudik. Khususnya vaksin Booster, agar dapat menjaga diri dari paparan Covid-19,” ujarnya.

Apabila ada warga yang mengalami reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) di perjalanan mudik. Grace mengatakan pihaknya telah menyiapkan tim khusus untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Antisipasi KIPI kami siapkan dua tim, tim pelayanan dan vaksinasi, ketika ada KIPI kami tinggal membuat rujukan. Namun untuk menghindari ini, kami mengharapkan masyarakat agar saat sebelum melakukan vaksinasi dan perjalanan mudik untuk istirahat yang cukup serta makan sahur yang cukup. Jadi tidak perlu stress dan takut,” pungkas Grace.

Reporter: Nur Ilham Natsir

Sumber: Radar Bandung

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.