Kampanye Pilpres 2019 Masih Sepi, Ini Penyebabnya

  • Whatsapp

Masa kampanye Pilpres 2019 terasa masih sepi. Pasalnya, belum semua peserta pemilu menuntaskan desain alat peraga kampanye (APK) yang akan digunakan menggaet pemilih. Yang tampak sudah selesai adalah tagline setiap peserta pemilu. Rata-rata simpel dan mudah diingat.

Paslon capres-cawapres nomor 01 menggunakan tagline Indonesia Maju di alat peraga APK. Nama yang digunakan adalah Jokowi-Amin. Angka 01 diwarnai putih dengan latar belakang berwarna-warni. Visi paslon masuk materi APK. Misi paslon dibingkai dalam rangkaian heksagon dengan warna berbeda-beda. Foto paslon terpasang di pojok kanan bawah dengan mengenakan pakaian putih-putih.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, paslon nomor 02 tidak banyak mengumbar kata dalam desain APK-nya. Ciri khas garuda merah terpasang di sisi kiri atas, dibingkai dengan lambang padi di bawahnya. Di bawahnya tertulis tagline Adil Makmur Bersama Prabowo-Sandi. Tulisan Prabowo-Sandi dibuat empat kali lebih besar dari frasa adil makmur. Di sisi kanan desain, terpasang foto paslon yang kompak mengenakan setelan jas dan peci hitam.

Desain dari kedua paslon itu dinyatakan sudah di-update dan lengkap. Artinya, sangat mungkin tidak akan ada perubahan lagi untuk desain tersebut. Untuk parpol, yang sudah berstatus di-update dan lengkap baru tujuh partai. Yakni, PKB, Gerindra, Garuda, PPP, PAN, Hanura, dan PBB. Meski demikian, tagline yang akan digunakan parpol masing-masing sudah ketahuan.

Komisioner KPU Hasyim Asy’ari yang memimpin jalannya pertemuan memastikan, sejauh ini tidak ada persoalan dalam desain yang disampaikan peserta pemilu ke KPU. “Sudah disesuaikan dengan peraturan yang ada,” terangnya seusai pertemuan.

Tidak ditemukan unsur pelanggaran UU maupun Peraturan KPU dalam desain tersebut. KPU dalam posisi memfasilitasi dan membiayai produksi alat peraga kampanye dalam bentuk billboard atau videotron dan baliho. Desainnya diserahkan kepada setiap peserta dan KPU hanya menentukan ukuran cetaknya.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *