Pengelolaan Lima Pelabuhan Akan Diambil Alih Kemenhub

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengambil alih pengelolaan lima dermaga di Danau Toba, Sumatera Utara. Sebelumnya kelima dermaga dikelola oleh Pemerintah Provinsi Sumut.

Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi menjelaskan pihaknya akan mengalokasikan anggaran senilai Rp 7,5 miliar untuk periode tahun 2018-2019 untuk perbaikan fasilitas pelabuhan serta memberi bantuan 5 ribu jaket keselamatan.

Bacaan Lainnya

Di samping itu, pihaknya bakal menggandeng PT ASDP untuk sistem daftar penumpang (manifes) yang sebelumnya manual menjadi sistem IT.

“Makanya nanti kalau masuk ASPD mungkin akan saya paksa nanti untuk manifes itu menggunakan IT, jadi membeli tiket menggunakan ID punya aplikasi meskipun masyarakat belum tahu nanti juga pada tahu,” kata Budi kepada para Wartawan di kantor Kemenhub, Jakarta.

Budi menambahkan saat ini pihaknya akan memperbanyak armada kapal ferry yang pengerjaannya sedang berjalan. Saat ini tengah dibangun tiga kapal yang dipesan Kemenhub.

“Satu kapal yang disumbang oleh ASDP dan dua kapal akan disumbangkan lewat CSR masyarakat setempat,” ujarnya.

 

(nes)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *