Pemasaran Efektif Jadi Strategi Bisnis UMKM

SUKABUMI – Untuk meningkatkan strategi pemasaran dalam menumbuhkan dan mengoptimalkan potensi diri serta usaha yang dimiliki oleh para Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Mitra Binaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggandeng PT PNM (Persero) mengadakan pelatihan bertajuk “Pemasaran yang Efektif sebagai Salah Satu Strategi Bisnis UMKM” di Saung Geulis Hotel Jalan Raya Situgunung KM2.5 Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Kamis (19/4).

Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko PNM M. Q. Gunadi mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Sehingga bisnis akan berkembang dengan baik.

Bacaan Lainnya

Pelatihan ini dihadiri sepuluh anggota kelompok bina usaha mandiri (Kelompok aneka perajin kayu, sapu ijuk dan makanan ringan).

“Sinergi PNM dengan PT KAI sudah dibangun dibanyak tempat, PNM mendukung program PT KAI untuk meningkatkan skill dan pengetahuan UMKM mitra binaan PT KAI,”ujar M. Q. Gunadi kepada Radar Sukabumi.

Menurutnya, untuk skala bisnis kecil seperti UMKM, jelas memiliki strategi pemasaran yang berbeda dengan perusahaan besar. UMKM biasanya memiliki budget pemasaran yang terbatas, sehingga diperlukan kreatifitas untuk menemukan cara yang efektif dalam memasarkan produk atau jasa dengan biaya pemasaran yang rendah atau bahkan tidak memerlukan biaya.

“Pesaing ada di mana-mana, jika produk atau jasa yang ditawarkan tidak memiliki kelebihan, maka akan sulit bersaing,”ulasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *