Harga Cabe Merah Semakin Pedas Rp46 ribu

  • Whatsapp
Seorang pembeli sayuran di Pasar Cisaat saat melakukan transaksi

SUKABUMI– Harga komunitas jenis cabe merah merangkak naik di berbagai pasar tradisional yang ada di Kabupaten Sukabumi. Hasil pemantauan terakhir, harga cabe merah kriting berada di kisaran Rp. 37 ribu dan cabe merah besar mencapai Rp46 ribu perkilogramnya.

Kepala Seksi Distribusi, Tertib Niaga dan Perdagangan DKPUKM Kabupaten Sukabumi, Iwan Wirawan mengungkapkan, hasil pemantauan terakhir, sejumlah komoditas mengalami fluktuasi harga. Namun, yang cukup mencolok adalah komoditas jenis cabe merah kriting dan besar.

Bacaan Lainnya

“Hasil pemantauan terakhir di sejumlah pasar tradisional, cabe merah kriting dan besar mengalami lonjakan harga 33 hingga 42 persen, atau harga cabe merah kriting berada di kisaran Rp. 37 ribu dan cabe merah besar mencapai Rp 46 ribu perkilogramnya,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, Kamis (8/10).

Namun begitu, komoditas jenis cabe rawit mengalami penurunan sekitar empat persen. Saat ini, harga rata-rata di sejumlah pasar mencapai cabe rawit hijau Rp 19 ribu dan cabe rawit merah mencapai Rp 24 ribu dalam setiap kilogramnya. “Jika dibandingkan dengan komoditas sejenis, justru cabe rawit mengalami penurunan harga,” sebutnya.

Secara umum, fluktuasi harga komoditas tersebut diakibatkan oleh faktor hukum pasar. Dimana, ketersediaan barang tidak seimbang dengan permintaan atau sebaliknya.

“Ya faktor hukum pasar, sehingga terjadi fluktuasi harga. Tapi, untuk kebutuhan pokok masih dalam kondisi relatif stabil,” ujarnya.

Adapun komoditas lainnya terpantau cukup stabil. Fluktuasi harga tidak terlalu signifikan. Selain itu, ketersedian dan pendistribusiannya cukup relatif aman. “Barang-barang pokok dan penting lainnya masih terpantau stabil, kami pun terus melakukan pemantauan di semua pasar tradisional,” pungkasnya. (upi/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *