Harga Bahan Pokok Dijamin Tak Naik Lagi * Stok Melimpah

JAKARTA – Pemerintah memastikan bakal terus mengendalikan harga bahan kebutuhan pokok. Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengungkapkan, pihaknya sebenarnya telah mengumpulkan seluruh asosiasi pedagang bahan pangan untuk mengantisipasi kenaikan harga.

Dia menyatakan telah bertemu dengan asosiasi pedagang ayam, pedagang telur, pengusaha beras, serta pedagang daging. Dari pertemuan itu, disepakati tidak ada kenaikan harga. ”Karena stok lebih dari cukup,” ungkap Amran setelah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Bacaan Lainnya

Kepada Wapres, dia melaporkan bahwa stok pangan aman karena telah dipersiapkan dua bulan dan tiga bulan sebelumnya. Mi­salnya, cabai dan bawang yang bisa dipanen pada umur tiga bulan.

”Kami perhitungkan tiga bulan sebelumnya, sebelum tanam. Kami perhitungkan (stok) harus di atas 20 persen dari kebutuhan di luar Ramadan. Kami siapkan,” tegas pria berdarah Bugis itu.

Begitu pula telur. Dia menegaskan, tidak ada alasan harga telur naik. Sebab, suplainya berlebih, bahkan bisa diekspor ke Myan­mar hingga 25.900 butir telur (tetas ayam). Sementara itu, daging ayam juga telah diekspor ke Jepang, Timor Leste, serta Papua Nugini.

”Ayam kami sudah ekspor. Dalam sejarah pertanian Indonesia, kami pertama mengekspor ke Jepang,” tuturnya.Selain itu, ada peningkatan ekspor jagung 6,11 persen. Padahal, dulu Indonesia pernah mengimpor jagung hingga Rp 10 triliun setiap tahun.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *