Lampu Kamar Tidur Bisa Bikin Gemuk, Kok Bisa?

  • Whatsapp

RADARSUKABUMI.com – Untuk mendapatkan berat badan ideal tentunya dibutuhkan usaha dan kerja keras. Salah satunya dengan melakukan diet dan mengkonsumsi makanan sehat.

Namun ternyata itu saja tidak cukup. Meski sudah mati-matian menurunkan berat badan, tapi ternyata kebiasaan tidur pun bisa mempengaruhi berat badan.

Karena menurut ahli, terlalu banyak terpapar sinar lampu saat tidur ternyata bisa membuat tubuh menjadi gemuk.

Tak hanya cahaya lampu di kamar tidur, cahaya yang dikeluarkan gadget juga sangat berpengaruh terhadap berat badan.

Pada sebuah penelitian yang dicobakan pada tikus, mereka yang terpapar sinar 24 jam sehari terbukti memiliki berat badan 50 persen lebih berat dari pada yang terpapar sinar secara wajar setiap harinya.

Hal ini memiliki pengaruh yang sama meskipun kedua jenis tikus ini diberi menu makan dan melakukan gerak yang sama pula.

Hasil penelitian membuktikan bahwa sinar yang mengenai organ vital dalam tubuh menyebabkan lambatnya proses pembakaran kalori.

Dilansir dailymail.co.uk, Patrick Rensen, ahli dari Leiden University Medical Center menegaskan bahwa penelitian ini juga sangat relevan jika diterapkan ke pada manusia.

Hal ini semakin meyakinkan untuk sebaiknya tidur dalam kondisi ruangan yang gelap.

Dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences yang diterbitkannya, ia menuliskan bahwa hal-hal simple seperti mengecek ponsel di malam hari bahkan bisa sangat berpengaruh dengan berat badan. (izo/rs)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *