Awas.. Jangan Salah Pilih Aplikasi Pinjaman Online! Ini Ciri-ciri Aplikasi Terbaik

pinjaman online
ILUSTRASI: Memanfaatkan penawaran pinjaman online untuk pengembangan usaha. (Istimewa)

JAKARTA — Fenomena pinjaman online kian marak di tengah masyarakat. Bukan tanpa alasan, tetapi karena merupakan KTA cepat yang bisa diandalkan saat kondisi darurat.

Jika dibandingkan dengan lembaga keuangan seperti koperasi atau Bank, tentu pinjaman online jauh lebih praktis dan bisa diandalkan.

Bacaan Lainnya

Anda bisa mengajukan pinjaman dari mana saja dan kapan saja menggunakan ponsel pintar, tanpa harus mendatangi kantor yang tentu membuang waktu, biaya juga tenaga.

Pada saat Anda mengajukan pinjaman ke koperasi ataupun bank, tentu akan dimintai jaminan. Selain itu juga masih harus melengkapi berbagai berkas yang dibutuhkan.

Belum lagi harus melalui proses survey untuk melihat kelayakan Anda dalam menerima pinjaman.

Sementara menggunakan aplikasi pinjaman online, Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa jaminan juga syarat yang merepotkan.

Namun, bukan berarti semua pinjaman online begitu, ya! Anda harus bisa mengenali ciri aplikasi pinjol terbaik. Apa saja ciri-cirinya? Berikut ini ulasan singkatnya.

Ciri-ciri Aplikasi Pinjaman Online Terbaik

Agar bisa memperoleh pinjaman dari aplikasi pinjaman yang terbaik, maka Anda harus bisa mengenali ciri-ciri untuk mengenalinya.

Jangan sampai asal pilih, lalu ternyata tidak sesuai dengan harapan. Seperti misalnya syarat yang ribet atau terlalu banyak biaya yang dikenakan sebagai potongan pinjaman.

Berikut ini adalah ciri dari aplikasi pinjol terbaik yang harus bisa Anda kenali.

  1. Mencantumkan Alamat Kantor, Nomor Telepon dan Website yang Jelas

Pada dasarnya, aplikasi pinjaman online yang legal dan terpercaya tidak akan menutupi identitasnya.

Dengan begitu, para nasabahnya akan lebih mudah untuk melakukan konfirmasi ,menyampaikan keluhan atau pun kepentingan lainnya.

Apabila tidak ada alamat kantor ataupun nomor telepon yang jelas, bisa jadi lembaga tersebut belum memiliki izin operasi atau bahkan abal-abal dan bertujuan melakukan penipuan.

Situs yang digunakan pun juga pasti resmi, begitu pula dengan emailnya. Ciri-cirinya yaitu, alamat situs diawali ‘https’ bukan ‘http’. Sedangkan untuk email, juga merupakan email resmi dari perusahaan, bukan dari provider gratisan.

Jika Anda menerima penawaran pinjaman via SMS ataupun WA, besar kemungkinan jika itu pinjaman online ilegal.

  1. Bunga Normal, Rincian Biaya Transparan

Ciri-ciri yang kedua ialah, suku bunga yang dikenakan tidak akan mencekik nasabah. Normal mengikuti anjuran OJK.

Selain itu juga memberikan perincian biaya yang jelas dan transparan dari awal Anda mengajukan pinjaman. Tidak ada biaya tambahan yang akan mengurangi jumlah pencairan atau bahkan mengharuskan Anda melakukan pembayaran sebelum pencairan.

  1. Mengecek Riwayat Kredit Peminjam

Aplikasi pinjaman yang terpercaya juga aman, tentu bersifat legal. Artinya, kinerjanya di bawah pengawasan OJK.

Oleh sebab itu, meski memberikan syarat yang mudah dan juga aplikasi yang mempercepat prosesnya, tidak akan serta merta meloloskan pengajuan pinjaman begitu saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *