Pilpres AS, Joe Biden Kantongi 223 Electoral Votes, Trump 174

  • Whatsapp

NEW YORK – Penghitungan hasil Pemilu Presiden Amerika Serikat (AS) masih berlangsung. Perolehan electoral votes untuk capres Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden, terus naik meninggalkan perolehan electoral votes Presiden Donald Trump. Capres yang pertama mencapai 270 electoral votes akan memenangkan pilpres AS.

Seperti dilansir google jam 12:30, Rabu (4/11/2020), perolehan electoral votes untuk Biden langsung melejit setelah dia diproyeksikan menang di negara bagian California, Oregon dan Washington yang ada di pantai barat AS. Diketahui bahwa California sebagai negara bagian terpadat di AS memiliki 55 electoral votes.

Bacaan Lainnya

Penghitungan sementara NYT menunjukkan Biden kini unggul dengan 223 electoral votes, sedangkan Trump baru meraih 174 electoral votes.

Jika Biden unggul perolehan electoral votes, maka Trump unggul dalam perolehan popular votes atau suara langsung dari pemilih.

Menurut data NYT, Biden sejauh ini mendapatkan 62.379.600 suara (49.8 persen) sedangkan Trump hanya meraup 60.788.221 suara (48,6 persen).

Dengan pilpres AS menganut sistem electoral college atau sistem keterwakilan, maka perolehan electoral votes menjadi penentu kemenangan seorang capres. Dibutuhkan setidaknya 270 electoral votes — dari total 538 electoral votes yang ada — untuk memenangkan pilpres AS.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *