BERITA UTAMA

Tower Indosat di Kalapacondong Semakin Jadi Bumerang

Kades : Kalau Sesuai, Masyarakat Tidak Akan Melawan

SUKABUMI – Pemerintah Desa Sudajaya Girang, Kecamatan Sukabumi, akhirnya angkat bicara soal perotesan warga terhadap keberadaan tower telekomunikasi milik PT Indosat di Kampung Kalapacondong, RT (31/9) Desa Sudajaya Girang, Kecamatan Sukabumi.

Kepala Desa (Kades) setempat mengaku sudah berupaya maksimal untuk menyelesaikan persoalan warga yang menolak keberadaan tower yang dibangun oleh PT Centratama Menara Indonesia pada Oktober 2019 lalu itu. Salah satunya, melakukan pertemuan dengan masyarakat sebanyak tiga kali.

“Iya, sudah beberapa kali mediasi warga dengan pihak perusahaan. Namun tidak membuahkan hasil,” jelas Edi kepda Radar Sukabumi, Minggu (28/6).

Lebih lanjut ia menjelaskan, pertemuan pertama telah diselenggarakan di Aula Desa Sudajaya Girang. Setelah itu pertemuan dilanjutkan di pemukiman warga dihadiri oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

“Nah, terakhir pertemuan di inisiasi oleh Satpol PP Kabupaten Sukabumi yang diselenggarakan di Mapolsek Sukabumi. Saat itu, warga dan pengacara beserta pihak perusahaan juga hadir. Namun, tidak mendapatkan titik temu,” ujarnya.

Saat mediasi ke tiga, sambung Edi, mayarakat menyayangkan dengan surat somasi yang dilayangkan kepada pemerintah mengenai keberadaan tower. Namun, hingga saat ini belum ada jawaban.

“Awalnya warga melalui pengacaranya telah memberikan somasi kepada Bupati Sukabumi. Namun, sampai saat ini surat tersebut belum pernah dijawab oleh pemerintah daerah.

Salah satunya Satpol PP selaku penegak Perda. Jadi intinya masyarakat ingin sebuah jawaban baik dan buruknya untuk dapat dijadikan pegangan mengenai persoalan tersebut,” tandasnya.

Pemerintah desa setelah mendapatkan informasi ada gejolak di masyarakat, ia mengaku tidak menunggu lama dan pemerintah desa langsung mengundang masyarakat, termasuk pihak perusahaan untuk melakukan musyawarah.

Namun tidak ada titik temu. “Jadi, sepanjang tiga kali pertemuan, tidak ada solusi yang baik antara kedua belah pihak dan semuanya ngambang,” paparnya.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button