Sudah 30 Tahun Kampung Sukasirna Gelap Gulita

  • Whatsapp
Kampung Sukasirna, Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Suakabumi belum tersentuh listrik dari PLN.

SUKABUMI – Sudah lebih 30 tahun warga di Kampung Sukasirna, Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi hidup dalam kegelapan. Bagaimana tidak, akses penerangan diwilayah tersebut sangat terbatas karena belum tersentuh listrik dari pemerintah.

Sehari-harinya, kampung yang dihuni sedikitnya 18 kepala keluarga (KK) ini, hanya mengandalkan penerangan dari tenaga surya. Untuk itu, warga yang berada di lokasi dataran tinggi tersebut, berharap pemerintah segera membuat program supaya kampung mereka bisa teraliri listrik.

Bacaan Lainnya

Seorang warga Kampung Sukasirna, Desa Nangela Kecamatan Tegalbuleud, Yandi (30) mengatakan, kondisi gelap ini sudah lebih dari 30 tahun dirasakan warga. Untuk mendapatkan penerangan, warga telah memanfaatkan penerangan dari tenaga surya.

“Untuk belajar anak-anak pakai tenaga surya. Alhamdulillah bagus dan cukup untuk penerangan di masjid dan di depan rumah, serta penerangan di jalan,” kata Yandi pada Kamis (18/3/2021).

Di wilayah tersebut, terdapat tujuh penerangan tenaga surya yang kerap dimanfaatkan untuk menerangi perkampungan tersebut. “Tujuh penerangan ini, di bagi-bagi. Ada yang buat dua rumah, tiga rumah dan itu hanya cukup untuk lampu saja,” bebernya.

Jika warga ingin mendapatkan aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), maka mereka harus membentangkan kabel untuk menyambung ke wilayah Selaerih dengan jarak sekitar satu kilometer. “Jaraknya cukup jauh.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *