Pungli Pajak Kendaraan di Kota Sukabumi , Kasatlantas: Bukan Percaloan tapi Penipuan

Samsat Kota Sukabumi

SUKABUMI – Kasatlantas Polres Sukabumi Kota, AKP Tejo Retno Indratno angkat bicara soal kasus dugaan penipuan oleh pegawai Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Kota Sukabumi.

Menurutnya, kasus tersebut bukan kasus percaloan, tetapi lebih kepada penipuan karena pelaku merupakan salah satu pegawai P3DW dan bukan anggota kepolisian.

Bacaan Lainnya

“Kami juga sudah berupaya mengecek data yang menjadi korban tersebut, tidak ada pendaftaran yang masuk ke unit lalu lintas,” ungkap Kasatlantas Polres Sukabumi Kota, AKP Tejo Retno Indratno kepada Radar Sukabumi, Rabu (18/1).

Sejauh ini, Satlantas sudah komunikasi dan kerjasama dengan Satreskrim Polres Sukabumi Kota untuk menyikapi soal dugaan kasus penipuan tersebut.

“Ya, kami sudah komunikasi dan kerjasama dengan Satreskrim untuk meminta pertanggungjawaban orang tersebut dan kami juga sudah koordinasi dengan Kepala P3DW bagai mana untuk pertanggungjawaban soal ini,” bebernya.

Retno menegaskan, sejauh ini tidak ada aksi percaloan di lingkungan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Sukabumi.

“Kami pastikan di lingkungan Samsat tidak ada percaloan. Kasus saat ini juga bukan percaloan tapi lebih kepada penipuan yang dilakukan salah satu pegawai P3DW,” tegasnya.

Ia menghimbau, agar masyarakat dapat mengurus pajak kendaraannya langsung melalui loket dan tidak menggunakan jasa orang lain.

“Kami menghimbau masyarakat semua pengurusan agar langsung melalui loket, jangan melalui pelantara. Adapun, untuk tempat informasi kami akan membuat layanan informasi di luar gedung agar masyarakat mudah mendapatkan informasi. Pengamanan akan kita perketat untuk memastikan tidak ada calo,” cetusnya.

Diberitakan sebelumnya, pria berinisal RE yang merupakan pegawai P3DW Kota Sukabumi diduga melakukan aksi penipuan terhadap puluhan wajib pajak. Tak tanggung, kerugian pun ditaksir mencapai ratusan juta. (bam)

AKP Tejo Retno Indratno
Kasatlantas Polres Sukabumi Kota AKP Tejo Retno Indratno

Pos terkait