Proyek Panas Bumi Bikin Resah Warga Cikakak Sukabumi

  • Whatsapp
Alat Berat Proyek Panas Bumi Sukabumi
Tampak kendaraan alat berat yang akan melakukan kegiatan proyek pengeboran eksplorasi panas bumi di wilayah Kecamatan Cikakak yang meresahkan warga.

SUKABUMI – Warga Kampung Cipedes, Desa Ridogalih, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, mengeluhkan rusaknya jalan dan selokan akibat dilintasi kendaraan raksasa yang memuat alat berat ke lokasi proyek pengeboran eksplorasi panas bumi (slim hole) di wilayah Kecamatan Cikakak.

Kepala Dusun Cipedes Wahyudin menjelaskan mobil yang memuat alat berat itu sudah mulai masuk beberapa hari ini. Selain menganggu ketentraman warga karena suara bising kendaraan berukuran raksaksa juga membuat resah dan merusak jalan.

Bacaan Lainnya

“Kalau suara bising sudah pasti mengganggu apalagi lewat mobil besar bermuatan alat berat itu dini hari, sehingga warga sulit tidur. Terutama pas belokan khawatir karena jalannya rawan. Jalan menjadi rusak, kalau hujan banyak lumpur sedangkan jika kemarau berdebu,” ujar Wahyudin kepada Radar Sukabumi, Rabu (18/08).

Ia menegaskan seharusnya ketika itu terjadi, ada tindakan dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi Lembaga Minyak dan Gas Bumi (PPPTMGB-LEMIGAS), yang menjalankan proyek itu. Jangan dibiarkan begitu saja seolah tidak bertanggung jawab.

“Keinginan warga jika terjadi itu (jalan banyak lumpur atau debu) langsung disemprot. Bahkan tidak ada pemberitahuan sama sekali kepada warga, inginya ada musyawarah kalau akan ada mobil lewat ini gak ada,” tegasnya.

Wahyudin mengaku sudah banyak warga yang mengeluh dan menanyakan kepadanya permasalahan – permasalah yang didapatkan di lapangan dari warga akibat kendaraan raksaksa tersebut. Bahkan dia sudah mempertanyakan ke pihak kecamatan agar ada solusi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *