Lahan Bandara Sukabumi Diperluas

SUKABUMI – Bupati Sukabumi, Marwan Hamami memastikan proses pembebasan lahan untuk pembangunan Bandar Udara (Bandara) Sukabumi dapat berjalan sesuai harapan. Seperti diketahui, pembangunan bandara Sukabumi ini direncanakan bakal dimulai pada awal 2019 yang lokasinya berada di wilayah Kecamatan Cikembar.

Saat ini, menurut orang nomor satu di kabupaten terluas se-Jawa-Bali ini, proses pembebasan lahan tengah dilakukan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat. Terutama lahan yang akan digunakan sebagai landasan pacu pesawat (Run Way, red).

Bacaan Lainnya

“Untuk fasilitas Run Way pesawat, sebelumnya hanya dibutuhkan lahan seluas 1.600 meter. Namun setelah ditinjau oleh pemerintah provinsi, ternyata berkembang menjadi 2.500 meter,” jelas Marwan kepada Radar Sukabumi usai membuka perlomabaan offroad tingkat Kujuaraan Nasional (Kejurnas) untuk memperebutkan piala Bupati Sukabumi Cup Seri tiga yang diselenggarakan di Sirkuit Cikembang, Kecamatan Cikembar, akhir pekan ini (3/11).

Untuk itu, ia memastikan untuk pembangunan Bandara Sukabumi tersebut, akan meliputi dua wilayah kecamatan. Yaitu, Kecamatan Cikembar dan Kecamatan Warungkiara.

“Perubahan luas lahan untuk landasan pesawat ini, karena mengingat Bandara Sukabumi ini nantinya akan digunakan oleh pesawat jet kecil dengan kapasitas 200 penumpang,” bebernya.

Secara teknis, data mengenai pembangunan bandara ini berada di Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi. Namun, untuk proses pembebasan lahan dilakukan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.