Kelurahan Cikundul Dambakan Keberadaan Embung Buatan

  • Whatsapp
MENERANGKAN: Lurah Cikundul, Agus Heryanto saat menjelaskan rencana pembangunan pada 2021 ini. (bambang/radarsukabumi)

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.COM – Pemerintah Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, berupaya melakukan penataan darah khususnya dalam mengembangkan potensi wisata. Pada tahun ini, beberapa pembangunan sudah diajukan melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang).

Misalnya saja, mengusulkan adanya pembangunan gerbang selamat datang di kawasan wisata, drainase, jalan lingkungan, penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU), sanitasi lingkungan, Tembok Penahan Tanah (TPT) dan pembangunan gang.

Lurah Cikundul, Agus Heryanto mengatakan, rencanan pembangunan sudah diajukan. Namun, soal anggaran ril nya akan ditentukan setelah diselenggarakan Musrenbang tingkat kota yang rencananya pada Maret mendatang.

“Musrenbang kecamatan saja baru mau digelar pada Februari jadi untuk anggaran fixnya belum tau masih menunggu,” kata Agus kepada Radar Sukabumi, Jumat (8/1).

Selain itu, Kelurahan Cikundul juga berencana melakukan pembuatan situ buatan yang merupakan inisiasi warga Rw 09 karena sering mengalami krisis air pertanian. Namun, ketika dibahas dalam Musrenbang pada 2018 lalu fungsi embung ini bisa menjadi destinasi wisata baru.

“Kalau melihat sumber air dari Sungai Cibarengkok cukup bersih dan disitu juga ada mata air, kalau dibendung airnya jernih akan bisa menarik. Hal ini, tentunya bisa menarik para pengunjung karena di lokasi embung juga menyuguhkan pemandangan sehingga bisa menjadi destinasi wisata nantinya,” ujarnya.

Menurutnya, warga sekitar sangat mendambakan rencana pembangunan embung tersebut lantaran selain bisa memenuhi kebutuhan air untuk pertanian juga bisa menjadi destinasi wisata. Dengan begitu, masyarakat sekitar bisa ikut berkontribusi dalam pengembangan objek wisata tersebut.

“Warga sangat mendukung terkait rencana pembangunan embung ini, karena memang banyak manfaatnya. Kami harap, pembangunnya segera terealisasi, karena saat ini kami masih menunggu hasil studi kelayakan,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, pembangunan di Kelurahan Cikundul baik itu fisik maupun pemberdayaan dapat mendorong potensi yang ada sebagai kelurahan wisata.

“Mudah-mudahan dengan adanya pembangunan ini dapat mendorong potensi wisata yang ada di Kelurahan Lembursitu kedepannya,” tutupnya. (bam/t)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *