Jalan ke Geopark Tertutup Longsor

SIMPENAN–Jalan menuju ke Puncak Darma dan Pantai Palangpang (Salah satu destinasi wisata Ciletuh Geopark Palabuhanratu) tertimbun longsor sekitar pukul 15.00 WIB, Senin (22/1).

Tak ada korban jiwa. Namun lalulintas sempat tersendat lantaran longsor dari bukit Cibeas itu menutup badan jalan sepanjang 20 meter.

Bacaan Lainnya

“Saat ini pihak Tri Murti sebagai pemborong pembangunan jalan dan Kades Sangrawayang sedang mengecek lokasi. Mudah-mudahan bisa segera dievakuasi,” kata Kepala Dusun (Kadus Cibeas Desa Sangrawayang, Yayan Jou kepada Radar Sukabumi.

Longsor juga terjadi di Kampung Cibubuay, RT 03/RW 01, Desa Cibuntu, Kecamatan Simpenan.
Namun tak membuat lalulintas terhambat lantaran longsornya tidak menutup seluruh badan jalan.

Sebelumnya, akibat hujan lebat disertai angin kencang, membuat sejumlah pohon tumbang di beberapa lokasi. Seperti di Pohon Trembesi di Trotoar Jalan Siliwangi tak jauh dari Bank BJB Palabuhanratu dan Pohon jengjing di jalan Kawungluwuk, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan.

Saat ini ada beberapa titik lokasi yang rawan longsor. Seperti si Cisarakan, Jalan ke Kawungluwuk, Jalan Sangrawayang dan lokasi lain.

“Kami mengimbau agar warga yang rumahnya di dekat tebing agar meningkatkan kewaspadaan, apalagi saat diguyur hujan,” kata Danramil Palabuhanratu, Kapten Yana Supyana. (peryl/radar sukabumi)

Pos terkait