BERITA UTAMAPemprov Jabar

Ibu Kota Jabar Tak Jadi Pindah

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluruskan wacana pemindahan Ibu Kota Jawa Barat yang digadang-gadang telah masuk dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Jawa Barat tahun 2019-2029. Menurut dia, yang akan dikaji adalah hanya studi pusat pemerintahan, bukan Ibu Kota baru.

Sebelumnya, pria yang akrab dengan sapaan Emil tersebut mengakui sudah mendapat persetujuan dari legislatif berdasarkan paripurna DPRD Jawa Barat periode 2019-2024, Rabu (28/8) malam.

“Bukan ibu kota. ibu kotanya tetap di Bandung tapi pusat pemerintahannya ngumpul di sebuah tempat yang memadai,” ujar Emil di Horison Hotel, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, kemarin (30/8).

Ridwan Kamil Juga Mau Pindahkan Ibu Kota Jabar

Namun yang mencuat dalam pemberitaan, Emil sampaikan, membahas terkait pemindahan Ibu Kota Jawa Barat dari Kota Bandung. Padahal, menurut Emil, realisasi pemindahan pusat pemerintah Provinsi Jawa Barat ini masih lama. “Pertanyaan wartawan kemarin kan tentang apa isi RTRW. Jadi jangan dibiaskan seolah-olah hanya itu. (RTRW) Ini membuat puluhan rencana-rencana besar,” katanya.

Loading...

Diketahui, ada tiga daerah yang telah digaungkan oleh Emil sebagai calon lokasi pusat pemerintahan. Adapun tiga daerah itu Tegalluar (Kabupaten Bandung), Walini (Kabupaten Bandung Barat) dan Kertajati (Kabupaten Majalengka).

Kendati demikian, dia sampaikan, bisa saja pusat pemerintahan anyar berdiri di luar daerah yang disebutkan itu. “Bisa di luar itu juga. Wacananya kan sudah lama. Cuma disepakati untuk studi berdasarkan RTRW,” katanya.

Tiga Daerah Disiapkan, Calon Ibu Kota Baru Provinsi Jabar

Pemindahan pusat pemerintahan ini, dia sampaikan, agar pelayanan publik di Jabar lebih efektif. Mengingat saat ini, kantor-kantor pemerintahan tak terkecuali Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebar hingga di Kota Cimahi.

“Supaya pelayan publik tidak menclok-menclok tidak efektif mengurangi pelayanan seperti sekarang. Karena ada dinas yang seperti di Cimahi ada dinas yang di pinggir kota,” ucapnya.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button