BERITA UTAMAPemprov Jabar

Tiga Daerah Disiapkan, Calon Ibu Kota Baru Provinsi Jabar

BANDUNG – Rencana pemindahan ibu kota negara yang diinisiasi Presiden Joko Widodo menginspirasi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Ia berencana menggantikan Kota Bandung sebagai Ibu kota Jawa Barat.

Rencana pemindahan itu ia sebut sedang dalam kajian setelah mendapatkan persetujuan dari DPRD Jabar pada rapat paripurna. Terlebih, alasan dari rencana itu diklaim rasional.

“Rencana (pemindahan Ibu Kota Jabar) sedang dikaji dulu di beberapa lokasi. Kajiannya dilakukan enam bulan ke depan,” kata Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (29/8).

Ada beberapa elemen yang yang dipertimbangkan wilayah mana yang akan dipilih menjadi pengganti Kota Bandung sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Barat. Di antaranya tingkat risiko bencana, aksesibilitas, tingkat ekonomi, hingga ketersediaan air.

Ia menyatakan, alasan rencana itu tidak berbeda dengan Joko Widodo. Kantor pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak berada dalam satu kawasan. Hal ini ia nilai bisa menghambat produktivitas program dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Secara fisik Kota Bandung sama seperti Jakarta, sudah tidak cocok lagi melayani pusat pemerintahan,” terang Emil.

Loading...

Sejauh ini ada tiga wilayah yang bisa dipilih untuk merealisasikan rencana tersebut. Yakni, Tegalluar, Kabupaten Bandung; Walini, Kabupaten Bandung Barat; atau di wilayah Kabupaten Majalengka.

Meski belum secara eksplisit menjelaskan alasannya, namun ketiga wilayah itu memang diproyeksikan sebagai pusat pengembangan ekonomi baru. Tegalluar dan Walini merupakan wilayah yang dilaui Kereta Cepat Bandung-Jakarta.

Sedangkan Majalengka, ditargetkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang melingkupi kawasan Cirebon dan Patimban. Apalagi di Majalengka, sudah dibangun bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dan akan dikembangkan Aero City.

“Terbuka untuk wilayah lain sebenarnya, tapi sementara tiga tempat itu (yang dipertimbangkan),” jelas dia.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button