Dishub Kota Sukabumi Kembali Operasikan Si Tayo, Jadi Primadona Pelajar

Bus-Rapid-Transit
BEROPERASI: BRT saat kembali beroperasi di depan SMAN 5 Kota Sukabumi, Selasa (16/11).

SUKABUMI — Setelah beberapa waktu tidak mengaspal, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, kembali mengoperasikan Bus Rapid Transit (BRT) atau yang akrab disebut Si Tayo di Jalur Lingkar Selatan.

Kasi Angkutan pada Dishub Kota Sukabumi Djoko Sutrisno mengatakan, pengoperasian Si Tayo ini beberapa waktu sempat tertunda akibat adanya refocusing anggaran.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah BRT saat ini mulai operasional lagi, maklum untuk beberapa waktu tertunda karena refocusing anggaran,” kata Djoko kepada Radar Sukabumi, Selasa (16/11).

Menurutnya, keberadaan Si Tayo ini dapat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan akses angkutan umum ke Terminal Tipe C Kota Sukabumi. Baik dari Kota maupun Kabupaten Sukabumi yang belum dilalui angkutan umum.

“Dalam kondisi saat ini, kita operasionalkan secara begilir, sesuai kondisi kendaraan, Karen sampai saat ini masih menunggu anggaran untuk pemeliharaan,” ujarnya.

Bus Rapid Transit
BRT saat kembali beroperasi di depan SMAN 5 Kota Sukabumi, Selasa (16/11)

Adapun, lanjut Djoko, rute yang dilalui Si Tayo ini yakni mulai dari Cibolang Kabupaten Sukabumi ataupun dari Shelter SMAN 5 Kota Sukabumi ke Terminal Tipe C Kota Sukabumi.

“Untuk hari ini, kita operasionalkan dua unit pagi, siang dan sore hari. Ya, menyesuaikan jumlah penumpang,” paparnya.

Djoko menambahkan, jumlah penumpang Si Tayo saat ini mengalami peningkatan jika dibanding saat PPKM level 4 dan 3.

“Penumpang kebanyakan para pelajar maupun mahasiswa. Saat ini jumlahnya cukup meningkat kalau dibanding dengan beberapa waktu sebelumnya,” ucapnya.

Keberadaan Bus Tayo ini, akan besar manfaatnya bagi pelajar yang sekolah di Kecamatan Cibeureum. Apalagi saat ini, sudah mulai pembelajaran tatap muka. “Saat ini saja para guru maupun dosen baik di SMAN 5 maupun kampus IPB memanfaatkan Bus Tayo,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.