Bukit Algoritma di Cikidang Sukabumi Dibangun Setelah Lebaran

  • Whatsapp

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Rencana pembangunan Bukit Algoritma di Sukabumi sebentar lagi akan terealisasi. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama Badan Usaha Milik Negara di Bidang Kontruksi PT Amarta Karya (AMKA), Nikolas Agung saat melakukan kunjungan ke lokasi di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Minggu (18/4/2021).

Dalam kesempatan itu, Nikolas mengucapkan terima kasih karena pihaknya telah dipercaya terlibat dalam pembangunan Bukit Algoritma di Sukabumi. Ia menegaskan semua keahlian dan sumberdaya akan terserap dalam proyek yang bernilai Rp18 Triliun tersebut.

Bacaan Lainnya

“Ini juga menjadi kesempatan Amarta Karya kedepan untuk merekrut tenaga ahli, tenaga muda Indonesia yang mempunyai semangat merah putih untuk mendukung proyek ini.” kata Nikolas.

Menurutnya, Bukit Algoritma yang merupakan pusat industri, riset, dan teknologi menyerupai Silicon Valley di Amerika ini untuk menyongsong era geneasi emas Indonesia tahun 2045.

Ia menegaskan, PT Amarta Karya ditunjuk sebagai main kontraktor, jadi semua investasi, investor yang datang itu semua adalah yang sudah dirintis oleh Kiniku Bintang Raya KSO.

“Saya dipercaya menjadi main kontraktor, dalam tahap pertama selama tiga tahun kedepan dari luas laham 888 hektare pembangunan akan dilaksanakan di lahan 350 hektare,” ucapnya.

Pembangunan tahap pertama ini terdiri dari beberapa hal, yaitu terkait infrastruktur, yaitu membuat jalan. Apalagi seperti diketahui Tol Bocimi juga dalam pengerjaan dan nanti di sket kedua akan ada satu pintuk yang dekat dengan arah Cikidang.

“Kalau gak salah target selesainya pada Agustus mendatang serta akan diresmikan dan itu menjadi pintu masuk tercepat masuk area ini. Jalan aksesnya hampir 10 kilometer,” paparnya.

Selain itu, dirinya juga akan membuat jalan arteri di area kawasan, terkait juga nanti penerangan jalan umum. Setelah infrastuktur selesai kemudian ada pengelolaan air kotor, pengelolaan air bersih.

“Lalu ada beberapa hal lagi, yaitu penataan lahan. Lebih dalamnya ada danau buatan, bahkan dalam stet pertamanya akan membangun lima kawasan dan mendukung pusat penelitian, ada nano teknologi. Termasuk menyiapkan lahan-lahan siap bangun nanti untuk tenan yang akan dibawa ke kawasan,” imbunya.

Masih di tempat yang sama, Ketua Pelaksana KSO Kiniku Bintang Raya KSO Budiman Sudjatmiko berharap, kedepan ini menjadi brand kapital Indonesia, menjadi ibukota bagi ide-ide futuristik untuk Indonesia menghadapi new normal.

“Yang akan dibuat disni ada pusat kajian ke wilayahan, ruang udara untuk membuat drone, drone angkutan, drone sprai, drone pengawasan, drone militer, drone kargo, drone angkutan yang bisa berjarak ratusan kilometer,” katanya.

Ia menjelaskan, rencana pembangunan semuanya akan dimulai setelah lebaran. “Jadi kita pending setelah lebaran baru kita berjalan semua, terus untuk pengerjaan oleh PT BUMN Amarta Karya,” tandasnya. (garis/rs)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *