PNS-Anak Muda Asah Public Speaking

BERANI GAK YA: Para peserta dari sejumlah instansi Kota dan Kabupaten Sukabumi dilatih berbicara di depan publik dalam pelatihan internet sehat dan public speaking di UBSI Kampus Sukabumi.
  • UBSI Ajarkan Internet Sehat

SUKABUMI,RADARSUKABUMI.com – Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Sukabumi, baru-baru ini mengelar pelatihan internet sehat dan public speaking kepada masyarakat, dan pegawai negeri sipil (PNS) dari beberapa instansi di Pemerintahan Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Pelatihan yang dipusatkan di kampus UBSI Sukabumi Jalan Cemerlang, Warudoyong, Kota Sukabumi ini diikuti puluhan peserta yang sebagiannya adalah karyawan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Yayasan Nurul Hikmah dan Yayasan Assyukuriah.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UBSI Kampus Sukabumi, sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang juga merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ketua LPPM UBSI Kampus Sukabumi, Yuri Rahayu mengatakan, kegiatan tersebut memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia dalam mengembangkan kesejahteraan dan memajukan bangsa Indonesia, khususwa bagi warga Sukabumi.

“Seluruh civitas akademika UBSI Kampus Sukabumi konsisten membantu membantu masyarakat sehingga menjadi teredukasi, dan bisa meningkatkan taraf hidup,” papar Yuri kepada Radar Sukabumi, Rabu (8/5).

Ditambahkan Yuri, bentuk kegiatan pengabdian masyarakat tersebut berupa pelatihan, seminar serta mempraktikan materi pelatihan secara langsung.

Di mana seminar dan pelatihan dimbing langsung oleh dua dosen asal kampus ini.

“Ada dua materi yang kita berikan, materi pertama itu tentang Pelatihan Public Speaking Meningkatkan Skill Presentasi dengan Metode Elevator Pitch oleh Dicki Prayudi, dan materi kedua tentang Seminar Internet Sehat oleh Saeful Bahri,” jelasnya.

Manfaatnya dapat dirasakan langsung, karena tema kegiatan sangat relevan dengan latar belakang para peserta.

“Pelatihan public speaking yang membantu meningkatkan kemampuan berbicara para pegawai di Disdukcapil Kabupaten Sukabumi dan Dinkes Kota Sukabumi,” ulasnya.

Serta bagaimana Seminar Internet Sehat dapat memberikan tips dan trik bagi para pengajar di Yayasan Nurul Hikmah dan Yayasan Assyukuriah.

“Public speaking dirasa penting sebagai bekal PNS agar bisa memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, begitu juga untuk internet khusunya bagi anak muda, bagai mana generasi muda ini bisa menggunakan internet secara sehat dan juga positif,” tuturnya.

Sementara itu, Pemateri 1 Dicki Prayudi mengatakan dengan metode Elevator Pitch, sebuah percakapan diharapkan dapat meninggalkan kesan baik pada lawan bicara, mendeskripsikan suatu hal dengan singkat, padat, dan jelas.

“Yang perlu diperhatikan dalam elevator pitch yaitu siapa kita, masalah dan solusi yang ditawarkan dan penawaran kita,” imbuhnya.

Sementara, Saeful Bahri selaku pemateri kedua menjelaskan pengguna internet di Indonesia saat ini telah tembus 65,3%.

Angka pengguna internet tersebut dari tahun ke tahun semakin meningkat dikarenakan ponsel, dan koneksi broadband mobile yang kian terjangkau, sehingga mendorong pertumbuhan akses internet pada berbagai kalangan.

“Penggunaan internet secara sehat dan aman perlu ditanamkan sejak dini melalui pembelajaran etika berinternet agar terhindar dari konten negatif dan mendorong untuk lebih cerdas dalam menciptakan kreatifitas,” tandasnya.

(wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *