256 PNS Pemkab Sukabumi Ajukan Cerai

  • Whatsapp
Grafis Perkara Perceraian PNS di Kabupaten Sukabumi Periode 2020

SUKABUMI – Kasus perceraian di Kabupaten Sukabumi cukup tinggi. Tak hanya dikalangan masyarakat biasa, angka perceraian dilingkungan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pun jumlahnya luar biasa.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Pengadilan Agama Cibadak Kelas IB Kabupaten Sukabumi, tercatat ada 256 perkara PNS yang mengajukan cerai talak dan cerai gugat. Dari 256 perkara itu, sebanyak 60 cerai talak dan 196 cerai gugat.

Bacaan Lainnya

Panitera Muda Pengadilan Agama Cibadak Kabupaten Sukabumi, Ade Rinayati mengatakan, dari jumlah tersebut cerai talak yang sudah diputus sebanyak 31 perkara dan cerai gugat sebanyak 79 perkara.

“Sedangkan sisa yang belum diputus, cerai talak 37 perkara dan cerai gugat 109. Perkara yang diputus sebanyak 111 perkara karena sudah ada izin pejabat dimana tempat dia (pemohon) berdinas,” ungkapnya kepada Radar Sukabumi.

Menurut dia, setiap bulannya jumlah perceraian baik talak maupun gugat yang masuk mulai dari 16-25 perkara. Ia merinci, di Januari 2020 cerai talak dan gugat sebanyak 23 perkara, Februari 22 perkara, Maret 22 perkara, April 20 perkara, Mei 16 perkara.

“Kemudian di bulan Juni meningkat drastis menjadi 25 perkara, Juli 24 perkara, Agustus 23 perkara, September 22 perkara, Oktober 16 perkara, November 19 perkara, dan di bulan Desember sebanyak 24 perkara,” paparnya.

Ia menjelaskan, ada sejumlah faktor yang menyebabkan perceraian tersebut terjadi. Mulai dari meninggalkan salah satu pihak, perselisihan dan pertengkaran secara terus menerus, faktor ekonomi dan faktor lainnya.

“Kalau secara umum dalam rentan waktu satu tahun, perkara perceraian di Kabupaten Sukabumi yang sudah diputus oleh Pengadilan Agama tercatat sebanyak 2.564 perkara,” tandasnya.(cr1/t)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *