KABUPATEN SUKABUMI

Puluhan Pemuda Ikut PBK di BBPLK

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Puluhan pemuda Kabupaten Sukabumi mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Boarding Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang. Hal ini, merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pemuda di Kabupaten Sukabumi. Sehingga, diharapkan mencipatakan usaha di dearahnya masing-masing.

Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Agus Ernawan mengatakan, PBK BBPLK ini merupakan sebuah pendidikan bagi pemuda yang belum memiliki keterampilan kerja.

Setelah pelatihan selesai, diharapkan mereka mampu mengembangkan kelimuannya dan bisa membuka peluang usaha di Sukabumi. “Ada 20 pemuda yang mengikuti PBK BBPLK Serang ini. Mereka akan diberikan pemahaman soal pendidikan kejuruan las dan listrik,” jelas Agus kepada Radar Sukabumi, Jumat (23/8).

Puluhan warga yang mengikuti PBK BBPLK Serang ini, adalah lulusan SMA/SMK sederajat. “Pemuda yang akan mengikuti PBK ini, tentu harus melalui tahapan proses rekrutmen dan seleksi dari BBPLK Serang. Disnakertrans Kabupaten Suksbumi hanya memfasilitasi tempat seleksi dan menerima pendaftaran kepesertaannya saja,” paparnya.

Pelatihan pemuda PBK BBPLK Serang ini, ujar Agus, terlaksana setelah adanya koordinasi dan tindaklanjut kunjungan kerja Disnakertrans Kabupaten Sukabumi ke BBPLK Serang pada beberapa waktu lalu.

“Banyak potensi dan keinginan dari masyarakat Sukabumi yang ingin ikut pelatihan dalam meningkatkan kompetensi keahliannya. Makanya kami kerjasama dengan BBPLK Serang,” timpalnya.

Ia menambahkan, keahlian dalam dunia kerja saat ini sangat dibutuhkan. Baik di dunia industri maupun dunia usaha lainnya. Bila hanya mengandalkan ijazah, maka pemuda di Sukabumi tidak bisa bersaing manakala melamar pekerjaan ke dunia industri. “Untuk itu, kami menjalin kerjasama dengan BBPLK Serang untuk membina para pemuda di Sukabumi sesuai dengan potensi keahlian yang dimilikinya,” pungkasnya.

(den/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan