The Griya Lombok, Rumah dari 5 Ribu Ton Limbah Kertas

Menurut Theo, ada beberapa teman mahasiswa yang membantu dirinya menyiapkan adonan, memasang, hingga akhirnya rumah berdiri. Di dalam The Griya Lombok, juga ada ratusan hasil kerajinan tangan. Misalnya, perabot rumah. Sama, semua juga terbuat dari bahan baku limbah kertas.

Misalnya, tempat duduk yang sekilas seperti terbuat dari akar pohon besar. Tentu, harganya bakal mahal. Akar sebesar itu tidak hanya langka didapat. ’’Pak (mantan) Wakil Gubernur Muhammad Amin tidak hanya duduk di atasnya, tapi berdiri untuk menguji kekukuhannya,’’ ujar Theo dengan wajah semringah.

Kemampuan Theo memadukan warna, lalu melukis kursi itu, membuat banyak orang tidak ragu menyebut itu dari akar kayu. Padahal, seluruhnya hanya berbahan baku kertas yang dicampur lem. Theo lalu memamerkan meja, beberapa kursi, guci dengan pahatan naga khas milik kolektor Tiongkok, berbagai ornamen rumahan, topeng, tangan, dan berbagai karya kerajinan tangan lainnya. Semua terbuat dari kertas.

Theo menyebutkan, tidak kurang dari 200 karya seni telah dibuatnya dalam berbagai bentuk. Dia masih punya cita-cita untuk membuat 800 karya seni lagi dari bahan limbah kertas. Baru kemudian mimpi terbesarnya akan diwujudkan. ’’Saya akan siapkan sebuah ruangan atau galeri. Lalu menjadikannya Museum Paper Art (karya seni yang terbuat dari kertas, Red) terbesar dan pertama di dunia,’’ tegasnya.

Keberadaan 200 karya seni berbagai bentuk di dalam rumah The Griya Lombok tentu bisa menjadi modal berharga. Lagi pula, Theo tidak sendiri merintis mimpi. Ada mahasiswa yang saban hari datang, lalu menyedot ilmunya. Kompensasinya, mereka harus bersedia ikut serta dalam mimpinya mewujudkan Museum Paper Art itu.

Theo dulu lulusan fakultas ekonomi dan bisnis. Dia begitu menikmati ilmu sarjananya dengan menjadi seorang perajin bahan baku kertas. Tidak hanya itu, dia pun siap mengajari siapa saja yang ingin memperoleh pendapatan ekonomi yang layak dari mengolah limbah kertas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *