Dinas PU Geber Program Jalan Tuntas

DINAS Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi terus menggeber pembangunan insfrastruktur jalan. Tahun ini, dinas yang bermarkas di Cikeong Palabuhanratu itu menargetkan pembangunan jalan tuntas. “Tahun ini pembangunan jalan tuntas adalah program unggulan lembaga kami. Di mana, program itu bersifat finishing pembangunan yang sifatnya menyeluruh,” ujar Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi Lukman Sudrajat.

Sifat menyeluruh ini kata Lukman, adalah pembangunan satu ruas jalan yang sifatnya selesai keseluruhan. Pembangunannya tidak ditermin dalam interval jarak tertentu. “Misalnya, ruas jalan A jaraknya 5 kilometer. Dalam perencanaan hanya 2 kilometer saja yang digarap. Nah, jalan tuntas tidak begitu,” bebernya.

Lukman mencontohkan pembangunan jalan alternatif Tenjoayu-Warungceuri dan alternatif Karangtengah-Cikolawing masuk kategori jalan tuntas. Ketika di beberapa titik terdapat kerusakan, maka dinasnya menyelesaikan perbaikan hingga pembangunan jalan secara menyeluruh. Sifatnya pun tak hanya didominasi pengaspalan.

Di beberapa titik rawan, jalan tersebut dipasangi rigit beton. “Rigit beton menyesuaikan kondisi lapangan. Tanah yang konturnya labil pasti dibeton. Cikolawing-Karangtengah contohnya. Di beberapa titik kita beton karena lahan itu labil,” ulasnya.

Tahun ini, ia memproyeksikan pembangunan jalan tuntas dirampungkan di ruas jalan Ciracap-Gunungbatu, Panggeleseran-Cibatu dan Pasiripis-Ciracap. Malah kata dia, prioritas lain adalah pembangunan jalan di kawasan-kawasan wisata yang sedang ‘hits’.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *