WISATA

Curug Caweni Mempesona, Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Warga

SUKABUMI — Peningkatan dan pemerataan perekonomian di desa merupakan cita – cita warga Kabupaten Sukabumi. Saat ini desa tidak lagi menjadi penonton dalam pembangunan.

Namun, telah menjadi pelaku dalam kegiatan pembangunan itu sendiri . Begitu banyak potensi di desa yang bisa di kelola dan dikembangkan pemerintah desa bersama masyarakat. Salah satunya, sektor objek wisata yang dapat di kembangkan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi warga.

Hal demikian disampaikan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami saat melakukan Saba Desa Pariwisata ke salah satu ikon objek wisata di Kecamatan Cidolog, Selasa (25/2).

Menurutnya, hampir semua desa yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi memiliki potensi pariwisata yang bisa di kelola baik dari kebudayaan hingga wisata alam yang bisa dijadikan sebuah konsep bisnis yang bisa dijalankan oleh masyarakat desa.

“Seperti di Kecamatan Cidolog memiliki objek wisata alam Curug Caweni yang menjadi salah satu ikon wisata di Kecamatan Cidolog. Selain memiliki keindahan yang dapat memanjakan para wisatawan, objek wisata ini, juga masih sangat asri dan alami,” kata Marwan.

Di Kecamatan Cidolog ini, ujar Marwan, memiliki banyak potensi sumber daya alam melimpah yang bisa digali untuk dikembangkan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi warga.

Loading...

“Di Cidolog akan ada potensi wisata baru yang harus dikembangkan. Untuk itu, Saba Desa Pariwisata ini diharapkan dapat mendorong potensi wisata baru di semua wilayah Kabupaten Sukabumi. Iya, salah satunya di Kecamatan Cidolog,” ujarnya.

Untuk itu, Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki oleh Kecamatan Cidolog ini harus jadi pengungkit perekonomian masyarakat. Karena dari sektor pariwisata banyak kegiatan ekonomi yang berkembang.

Terlebih lagi, dirinya menilai objek wisata baru tersebut merupakan langkah strategis untuk membuka peluang ekonomi masyarakat sekitar.

“Contoh di di kawasan Ciletuh, sekarang ibu-ibu banyak yang membuka homestay bagi wisatawan. Sehingga, tidak ada lagi yang bekerja jadi TKW,” timpalnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Usman Zaelani mengatakan, saat ini terdapat 110 destinasi wisata baru di Kabupaten Sukabumi. Destinasi wisata tersebut tahunnya akan terus ditata dan dikelola dengan baik.

“Kita akan membangun sarana dan prasana pendukung lainnya, termasuk di kawasan objek wisata Curug Caweni ini,” jelasnya.

Sebab itu, kegiatan Saba Desa Pariwisata tersebut bertujuan mensosilasasikan dan mempromosikan objek wisata alam di wilayah Kecamatan Cidolog, termasuk didalamnya agenda peningkatan perekonomian masyarakat.

“Dalam mengelola dan menata objek wisata ini, seluruh stakehoalder harus terlibat. Iya, jangan pemerintah saja, tetapi semua harus berperan dan bersama-sama memajukan program ini,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Cidolog, Sujana mengatakan, pihaknya meyakini kegiatan Saba Desa Pariwisata ini akan memiliki banyak manfaat. Salah satunya, dalam peningkatan ekonomoi warga. “Semoga bisa menjadi berkah bagi masyarakat,” jelasnya.

Dalam mengelola dan menata objek wisata tersebut, pemerintah kecamatan akan menjalin kerjsama dengan semua elemen. Salah satunya dengan warga dan pemerintah desa setempat untuk menjaga dan mengemas objek wisata alam agar tetap indah dan alami.

“Selain itu, kami juga bersama warga dan pemerintah desa setempat akan menggali potensi budaya untuk dijadikan objek wisata yang bisa dinikmati.

Sehingga nuansa desa yang penuh dengan tradisi budaya yang tinggi bisa menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke sini,” pungkasnya. (den/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button