Puasa tak Tapi Pernah Salat Tarawih, Begini Hukumnya

MUI
Salat Idul Adha (FOTO: DOK/JPG)

RADARSUKABUMI.com – Kalian semua yang tengah berpuasa tapi tidak pernah tarawih, coba mana suaranya? Puasa tapi tidak pernah tarawih ternyata ada hukumnya loh.

Menurut Ustaz Masrul Aidi, puasa dan salat tarawih merupakan rangkaian ibadah yang berbeda. Tak ada kesamaan sama sekali. Hanya saja pelaksanaannya sama-sama dilakukan di bulan Ramadan.

Bacaan Lainnya

Jadi, meskipun seseorang berpuasa namun tidak shalat tarawih, maka puasanya tetap sah dan tidak mengurangi pahala puasa sama sekali.

“Puasa Ramadan dengan salat tarawih itu rangkaian ibadah yang berbeda hanya ada kesamaan pada waktu pelaksanaan yaitu sama-sama di bulan Ramadan,” ungkapnya.

Jika Puasa tidak tarawih sah, tapi kalau tanpa salat bagaimana? Bukan hanya puasa tidak tarawih saja yang banyak menjadi pertanyaan, tapi juga bagaimana puasa tapi tidak shalat.

Ustaz Masrul Aidi menambahkan ibadah puasa seseorang itu tetaplah sah. Akan tetapi ibadahnya seakan tidak bermakna.

“Bahkan sah orang yang berpuasa selama Ramadan, namun tidak salat lima waktu, apalagi tidak salat tarawih, hanya menjadi tidak bermakna puasa Ramadan, bila tidak mengerjakan salat fardhu, karena salat tarawih itu adalah ibadah yang terpisah.”

Sudah tahukan bagaimana hukumnya, nah ada tidak sia-sia lebih baik kita menjalankannya semua ya. (tipstren/izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.