Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kemajuan Perusahaan

Penulis : Rizka Putri Aji
Mahasiswi Vokasi Universitas Indonesia
Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan

Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu usaha dalam menangani berbagai masalah pada segala sesuatu yang berhubungan dengan karyawan, buruh, manajer dan semua tenaga kerja yang menopang seluruh aktivitas dari suatu organisasi, lembaga, ataupun perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditargetkan oleh perusahaan tersebut.

Bacaan Lainnya

Pada intinya, manajemen sumber daya manusia berfungsi dalam mengelola tenaga kerja yang ada, manajemen sumber daya manusia biasanya digunakan dalam kegiatan rekrutmen, pengelolaan dan pengarahan untuk para karyawan yang bekerja dalam perusahaan tersebut. Serta memberikan pengarahan dan pengetahuan agar terealisasikannya tujuan perusahaan tersebut.

Manajemen sumber daya alam memiliki beberapa fungsi, antara lain :

1. Perencanaan (Planning)
Dalam perencanaan manajemen sumber daya manusia berfungsi sebagai titik ukur dalam mengambil suatu keputusan yang sebelumnya sudah diperhitungkan dengan baik, tentang mengenai langkah apa saja yang akan dilakukan oleh perusahaan dimasa mendatang, agar tujuan tersebut dapat tercapai.

2. Rekrutmen (Recruitment)
Dalam proses ini rekrutmen berfungsi dalam pengambilan kandidat sebagai karyawan yang bermutu dan berkompeten untuk dapat mengisi kekosongan dalam perusahaan. Dalam proses rekrutmen tentunya memerlukan keputusan yang matang agar kandidat yang nantinya akan menjadi karyawan memenuhi kualifikasi dan spesifikasi sesuai dengan divisinya, agar mencapai tujuan perusahaan tersbeut.

3. Seleksi
Dalam kegiatan seleksi akan dilakukan proses dalam menemukan tenaga kerja atau karyawan yang sesuai dan yang paling tepat dari beberapa kandidat yang tersedia. Tahap yang dilaukan yaitu pertama, menerima surat lamaran, lalu setelah itu akan dilakukan pengecekan riwayat hidup. Selanjutnya, setelah tahap-tahap itu akan dilakukan tes baik melalui tes tertulis maupun wawancara.

4. Pelatihan (Training)
Dalam pelatihan atau Training akan dilakukan proses pembelajaran awal atau pembekalan suatu keahlian dan konsep untuk meningkatkan kinerja karyawan. Pelatihan dalam suatu perusahaan ini sudah diatur dalam undang-undang pada tahun 2003. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan, mendapatkan, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja.

5. Evaluasi Kinerja
Evaluasi kinerja ini sangat penting dalam manajemen sumber daya manusia. Dalam evaluasi kinerja ini akan dilihat bagaimana kinerja karyawan dalam menjalankan tugasnya. Evaluasi kinerja ini berhubungan dengan erat dengan fungsi pemantauan dan fungsi pelaporan dan berguna agar perusahaan dapat mengevaluasi kinerjanya dan tidak melakukan kesalahan yang sama.

6. Kompensasi
Fungsi ini bertujuan untuk memberikan penghargaan (reward) atau balas jasa secara langsung, yang dapat berbentuk uang maupun barang atas kinerja yang baik dan pencapaian yang telah dilakukan oleh karyawan tersebut. Prinsip dari kompensasi ini adalah adil dan layak dan menyesuaikan dengan prestasinya.

7. Pengintegrasian
Merupakan aktivitas untuk menyatukan antara kepentingan perusahaan dengan kebutuhan karyawan, agar dapat menciptakan kerja sama yang baik dan dapat menguntungkan kedua belah pihak.

8. Pemeliharaan
Dalam kegiatan ini akan dilakukan pemeliharaan atau peningkatan dalam kondisi mental, fisik dan loyalitas pekerja supaya tercipta adanya kerjasama yang panjang.

9. Pemberhentian
Pihak manajemen sumber daya manusia juga mengatur pemberhentian atau pemutusan hubungan kerja, yang merupakan pengakhiran suatu hubungan kerja perusahaan dengan tenaga kerja.

Manajemen Sumber Daya Manusia mempunyai beberapa fokus yang berkaitan dengan kepemimpinan dan penyelesaian isu yang terjadi antar karyawan di perusahaan, yaitu :

• Pemberian kompensasi
• Perekrutan
• Manajemen kinerja
• Pengembangan perusahaan
• Keselamatan karyawan
• Kesehatan karyawan
• Tunjangan karyawan
• Motivasi kerja
• Komunikasi
• Administrasi dan pelatihan karyawan

Dari data dan penjelasan tentang manajemen sumber daya manusia tersebut dapat kita ketahui bahwa manajemen sumber daya menusia banyak memiliki peran penting dalam berdirinya sebuah perusahaan yang terkait dengan ketenagakerjaan. Sebuah perusahaan tidak akan berdiri tanpa adanya para karyawan perusahaan tersebut yang membantu kinerja perusahaan kearah yang lebih baik.

Dengan adanya manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan tentunya tata kelola perusahaan akan lebih terawasi dengan baik sesuai dengan tujuan perusahaan. Dengan adanya manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan, evaluasi pekerja yang dilakukan secara rutin akan terlaksanakan dengan baik dan juga tepat.

Dengan kata lain, dalam sebuah perusahaan haruslah mempunyai manajemen sumber daya manusia yang baik. Karena, manajemen tersebut sangat menentukan bagaimana kinerja perusahaan dan bagaimana pengambilan sebuah keputusan dalam sebuah perusahaan agar tercapai tujuan dari perusahaan tersbeut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan