Pengaruh Masker Jagung dan Minyak Zaitun Terhadap Perawatan Kulit Wajah

Masker Jagung

Oleh : Muhammad Raihan
Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Secara umum, kulit terbagi menjadi 3 jenis, yaitu kulit kering, kulit normal dan kulit berminyak. Pembagian ini didasarkan pada kandungan air dan minyak yang terdapat pada kulit. Kulit kering adalah kulit dengan kadar air kurang atau rendah. Kulit normal adalah kulit yang memiliki kadar air tinggi dan kadar minyak rendah sampai normal. Kulit berminyak yaitu kulit yang memiliki kandungan air dan minyak yang tinggi.

Bacaan Lainnya

Kulit campuran atau resisten dalam dunia kosmetika dikenal juga dengan istilah jenis kulit kombinasi yaitu daerah bagian tengah atau dikenal juga dengan istilah daerah T (dahi, hidung dan dagu) terkadang berminyak atau normal, bagian kulit lain cenderung lebih normal bahkan kering

Perawatan wajah dapat dilakukan dengan menggunakan masker wajah. Masker adalah perawatan yang ditujukan untuk mengencangkan tonus (daya bingkis) kulit serta merawat kulit dengan kandungan bahan yang terdapat dalam kosmetik, untuk perawatan muka / kulit wajah yang memiliki manfaat yaitu memberi kelembaban, merangsang sel sel kullit, mengeluarkan kotoran dan sel sel tanduk yang melekat dikulit, menormalkan kulit dari gangguan jerawat, bintik hitam dan mengeluarkan lemak yang berlebih pada kulit, mencegah, mengurangi keriput keriput dan hyperpigmentasidan melancarkan peredaran darah.

Salah satu perawatan yang dapat dilakukan dengan menggunakan masker jagung. Jagung (Zea Mays L.) mengandung senyawa thiamin. Senyawa thiaminmempunyai kemampuan untuk mengeringkan luka misalnya luka / noda pada cacar air dan jerawat, Thiamin juga sebagai antioksidan sangat bermanfaat bagi kulit yaitu menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dini serta mengurangi jerawat.

Dalam perawatan kecantikan selain menggunakan bahan-bahan utama juga menggunakan bahan pelengkap seperti berbagai penggunaan minyak. Minyak biasa digunakan untuk memasak karena kandungan yang ada di dalam minyak dapat digunakan untuk perawatan kulit wajah, fungsinya untuk melembabkan kulit. Zaitun mempunyai kandungan kadar vitamin E yang sangat tinggi, vitamin E sendiri berfungsi baik untuk merawat kulit, sehingga sangat cocok digunakan sebagai campuran masker penghilang jerawat, zat antioksidan, serta sebagai campuran masker untuk memperhalus kulit.

Masker minyak zaitun dapat dimanfaatkan untuk meremajakan kulit wajah, atau menghilangkan sel kulit mati bekas jerawat. Berbeda dengan kosmetik luar penghilang jerawat yang beredar di pasaran, minyak zaitun tidak dapat menghilangkan bekas jerawat secara langsung, tetapi diperlukan ketelatenan untuk mencapai hasil yang maksimal, namun tentunya lebih aman daripada kosmetik berbahan kimia.

Minyak zaitun yang digunakan pada penelitian ini, minyak yang zaitun yang dibeli dari toko kimia tujuanya agar waktu yang digunakan lebih efisien dalam penelitian. Jenis bahan campuran masker lainnya yang biasa digunakan yaitu madu. Madu berfungsi untuk merekatkan masker, sebagai pelembab wajah, dan mengencangkan wajah. Jenis madu yang digunakan yaitu madu murni yang mudah di dapatkan di apotik

Perawatan wajah menggunakan masker jagung dan minyak zaitun secara berkala untuk semua jenis kulit wajah yaitu kulit normal, berminyak, kering dan kombinasi dapat membuat kulit wajah menjadi lembab, tidak kering, menjadi cerah dan lembut. Kandungan thiamin dalam jagung sebagai antioksidan bermanfaat mencegah penuaan dini karena dapat menangkal radikal bebas dan menyamarkan noda hitam, dapat mengatasi masalah jerawat pada wajah berminyak, jerawat dapat mengering, dan mengempis dengan pemakaian masker jagung dan minyak zaitun.

Hal tersebut sesuai dengan pendapat seorang herbalis dari Klinik Herbal Pondok Indah, dokter Agus Rahmadi, kandungan zat dalam jagung yang dapat menarik minyak, juga bermanfaat untuk mengobati jerawat. Tidak hanya buah jagungnya saja tapi juga rambut jagungnya bisa di gunakan sebagai obat jerawat. Hasil perubahan setelah menggunaan masker kulit jagung terhadap kondisi kulit wajah mengalami peningkatan kualitas kondisi kulit wajah menjadi baik.

Perubahan kondisi kulit wajah dilihat dari lima aspek kondisi kulit sehat yaitu kulit memiliki kelembab an cukup terlihat dari produksi minyak pada wajah tidak berlebih dan tidak lengket, kulit terlihat mulus terlihat dari ukuran pori-pori yang halus tidak terlihat, elatisitas wajah yang kenyal, kulit terlihat cerah, segar dan bercahaya, kulit wajah terlihat lembut dan mulus. tujuan dari penggunaan kosmetik masker dapat memperbaiki kondisi kulit. Perubahan kualitas kondisi kulit wajah dilihat dari masing-masing jenis kulit yaitu kulit normal, berminyak, kering dan kombinasai dengan komposisi masker yang sama.

Masker jagung dan minyak zaitun baik digunakan sebagai perawatan wajah. Selain kandungan thiamin yang ada pada jagung, jagung juga merupakan sumber vitamin dan mineral, sehingga cukup baik untuk memenuhi gizi dan kesehatan tubuh terutama pada kesehatan kulit wajah, dan juga Sebagai bahan baku produk kecantikan, minyak zaitun kaya akan vitamin E yang sangat penting bagi kesehatan kulit.

Vitamin E merupakan zat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari partikel-partikel yang dapat merugikan kesehatan. Campuran masker yaitu madusebagai bahan pembanding digunakan sebagai komponen campuran masker yang mengandung zat-zat yang dapat meningkatkan suhu kulit wajah, sebagai nutrisi kulit wajah dan perekat masker.Bahan dasar yang digunakan yaitu jagung dan minyak zaitun sebagai bahan campuran masker.Masker jagung dan minyak zaitun sangat efektif terhadap semua jenis kulit wajah untuk perawatan wajah.

Hal ini sesuai dengan hasil analisis para ahli bahwa memanfaatkan jagung dan minyak zaitun untuk merawat kecantikan kulit wajah tidak mempunyai efek samping, baik jangka waktu pendek ataupun panjang, karena menggunakan masker jagung dan minyak zaitun adalah salah satu perawatan herbal. Bahan dasar jagung yang digunakan memiliki kandungan yang bermanfaat untuk wajah, diantaranya protein, vitamin dan minera yang didalamnya terdapat kandungan belerang berfungsi membunuh bakteri terutama jerawat, Tekstur dapat dilihat dari masker meliputi tingkat kehalusan dari masker tersebut.

Ditinjau dari segi teksturnya, masker jagung dan minyak zaitun menghasilkan tekstur yang relatif sama pada kulit wajah dengan 4x uji pemakaian, dari analisis ini menunjukkan bahwa orang yang jenis kulitnya normal, berminyak, kering dan kombinasi merasakan tekstur yang lebih baik, jadi aman dipakai untuk semua jenis kulit wajah. Tekstur yang dirasakan dari uji pemakaian yang dilakukan yaitu tekstur yang kering dan lembut.

Masker jagung dan minyak zaitun mempunyai aroma yang berbeda disesuaikan antara dampak pemakaian dengan uji 4x pemakaian masker pada wajah. Dari hasil analisis diperoleh setelah pemakaian yang ke 4 aroma masker lebih berbeda dibandingkan pada awal pemakaian, masker mempunyai aroma khas jagung dan minyak zaitun. Aroma masker dapat bertahan dalam kondisi kering sekitar 3 bulan, setelah lebih dari tiga bulan aroma akan berubah menjadi berbau apek dan tidak segar.

Langkah-langkah pemakaian :

  1. Bersihkan wajah dengan susu pembersih pada masing-masing jenis kulit yang berbeda. Pada langkah ini, lakukanlah pengurutan dan penekanan secara lembut agar kulit mati yang menutupi pori-pori bisa diangkat. Lakukan selama 5 menit, setelah itu bersihkan dengan handuk basah hangat. Proses Pembersihan wajah
  2. Campurkan masker jagung dan minyak zaitun dengan madu dan air mawar atau apabila perlu dilakukan peeling maka lakukan sesuai dengan jenis kulit wajah.
  3. Oleskan masker pada wajah merata, dengan menggunakan kuas masker, hindari daerah sekitar mata dan mulut. Pemakaian Masker
  4. Tunggu hingga benar-benar kering kira-kira 15-20 menit.
  5. Bersihkan sisa masker dengan menggunakan waslap hangat yang dikompreskan terlebih dahulu diatas masker sebelum mengusapkan, yang bertujuan agar pengangkatan masker tidak menimbulkan rasa sakit, kemudian dilanjutkan dengan air dingin. Pembersihan masker
  6. Usapkan penyegar pada wajah agar pori-pori tertutup kembali.

Siapa saja bisa menggunakan masker jagung dan minyak zaitun ini karena mengandung banyak sekali manfaat yang baik untuk kulit dan tidak memiliki efek samping

Agar lebih dikenal masker jagung dan minyak zaitun ini harus dilakukan penyuluhan dan pengiklanan melalui media sosial seperti youtube, facebook, instagram dll, karena cara ini lah yang paling mudah di zaman sekarang dan dapat mencakup semua kalangan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan