ARTIKEL

Nadiem Makarim Wow!

Oleh : Dudung Nurullah Koswara
(Ketua PB PGRI)

Apa yang dikatakan Jokowi “Lakukan lompatan, tinggalkan pola-pola lama” nampaknya dipraktekan dalam pemilihan Mendikbud. Nadiem Makarim didaulat menjadi seorang menteri dengan latar belakang dari “jalanan”. Ia pencipta aplikasi Gojek, lulusan Harvad University yang lahir di Singapura.

Dahulu Nadiem Makarim pernah mengatakan, “Saya tidak betah kerja di perusahaan orang lain. Saya ingin mengontrol takdir saya sendiri.” Sebuah pernyataan yang muncul dari bawah sadarnya karena potensi enterpreneurshipnya yang kuat. Ia putuskan keluar dari perusahaan tahun 2011.

Dahsyat! Apa yang terjadi kemudian Gojek menjadi booming. Sebuah lompatan baru terkait dunia ojek motor berubah menjadi tersistem. Tukang ojek tidak habis waktu nongkrong di pangkalan. Kini mereka proaktif jemput sana, jemput sini dan pendapatan pun meningkat.

Nadiem Makarim sudah memberikan manfaat luar biasa pada dunia transfortasi ojek menjadi Gojek. Nah bagaimana dengan kiprahnya di dunia pendidikan? Lompatan apa yang akan Ia lakukan? Mengingat Ia bukan pakar, ahli dan praktisi pendidikan. Ia adalah seorang enterpreneur yang wow.

Kita percaya, seorang Presiden memberinya amanah tentu tidak sembarang amanah. Pasti pada orang yang tepat. Ia muda, usia 35 tahun. Ia ganteng. Ia sudah mampu memberi sesuatu pada bangsa ini melalui Gojeknya. Presiden punya ekspektasi besar pada dirinya.

Seorang menteri kalau hanya tokoh politik dan hanya akademisi murni minus karya tak sebanding dengan jasa Nadiem Makarim. Ia lebih baik dan sudah berbuat banyak untuk kehidupan masyarakat. Dunia transfortasi ojek sudah Ia ubah dengan signifikan. Ia telah menjadi aktor dan manusia disrupsi.

Nah terkait dunia pendidikan semoga Ia melakukan lompatan yang sangat-sangat bermanfaat. Kita harus percaya dan dukung penuh. Baru kali ini ada Mendikbud usia 35 tahun. Kita akan lihat kedahsyatan apa yang akan terjadi. Ia bukan profesor doktor dan bukan akademisi yang identik dengan dunia pendidikan.

Semoga akan lahir lompatan-lompatan terbaik untuk perbaikan dunia pendidikan. Setidaknya ada aplikasi di dunia pendidikan yang memudahkan, mensejahterakan dan meningkatkan proses dan hasil pendidikan. Guru makin prestatif dan anak didik makin terlayani.

Jokowi mengatakan bahwa kementerian pendidikan harus membuat terobosan yang signifikan dalam pengembangan SDM yang siap kerja. Link and match pendidikan ke Industri.” Ini diantara amanah berat Nadiem Makarim dalam membawa gerbong pendidikan Indonesia.

Nadiem Makarim telah menciptakan lapangan kerja Gojek dan Ia kini ditantang menciptakan SDM siap kerja sesuai tuntutan dunia industri dan lapangan kerja lainnya. Sebagai guru dan pengurus organisasi profesi Saya menunggu dengan penuh semangat gebrakan dan lompatan genuine dari sosok Nadiem Makarim.

Sungguh indah punya menteri muda. Bawaannya akan muda dan segar. Aura perubahan dan spirit disrupsinya dalam dunia pendidikan diharapkan membawa kesejahteraan dan kemuliaan dimensi pendidikan. Pepatah bijak mengatakan “ Setiap zaman ada orangnya.”

Semoga Nadiem Makarim adalah “orangnya” yang akan memperbaiki dunia pendidikan. Memulikan guru, memuliakan anak didik dan memerankan organisasi profesi guru lebih maksimal. Ketua Umum PB PGRI Prof. Dr. Unifah Rosyidi menyerukan agar pada semua pengurus PGRI dari mulai daerah sampai pusat kepada Mendikbud baru, Nadiem Makarim.

Pepatah bijak mengatakan, “Sukses jatahnya untuk orang optimis dan tidak pernah berhenti belajar lakukan inovasi dan kolaborasi”. Nadiem Makarim nampakanya akan membawa “aura” optimisme dan kebaruan yang wow. SDM unggul, Indonesia maju. Menterinya muda dan handsome pasti wow!

Tags

Tinggalkan Balasan

Check Also

Close