Harga Sembako Naik Masyarakat Menjerit

net ILUSTRASI: Harga cabai saat ini masih cukup tinggi di sejumlah kota.

Oleh : Yuni Wahyuni
Mahasiswi Universitas Nusaputra

Sembako adalah singaktan dari sembilan bahan pokok yang terdiri atas berbagai bahan-bahan makanan dan minuman yang secara umum sangat dibutuhkan masyarakat indonesia. Tanpa sembako kehidupan rakyat indonesia bisa terganggu karena sembako merupakan kebutuhan pokok utama sehari-hari yang wajib ada dijual bebas di pasar.

Bacaan Lainnya

Dari sisi ekonomi permintaan barang-barang sembako bersifat inelastis, yatitu perubahan harga sembako tidak akan banyak mempengaruhi tingkat permintaan produk oleh konsumen selama tidak terlalu signifikan. Jika harga sembilan bahan pokok tersebut naik secara signifikan, maka sebagian konsumen akan beralih ke produk serupa pengganti ( substitusi ).

Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab dari pemerintah untuk menjaga kestabilan dan kesinambungan sembako karena berhubungan erat dengan hajat hidup orang banyak. Pemerintah bisa melakukan operasi pasar, impor, pematokan harga tertinggi atau terendah, serta penindakan hukum kepada pelaku kriminal yang terkait dengan kejahatan sembako.

Masalah yang sering terjadi di dalam pergerakan ekonomi sembako ialah tak seimbangnya ketersediaan dan permintaan pangan. Di tambah lagi ada kecenderungan masyarakat lebih banyak melakukan pembelian kebutuhan pokok sehingga membuat harga meningkat karena ketersediaannya terbatas.

Sering juga ada kendala di bagian penyuplaian bahan pokok seperti daging ayam, telur, cabe hingga gula pasir yang dapat merespon kenaikan harga yang signifikan. Pemerintah sudah melakukan banyak upaya untuk menstabilkan harga, namun tidak berdampak signifikan pada penurunan nilai komoditas pangan.

Ada juga oknum pengusaha yang sengaja menaikan harga bahan pokok ketika Hari Besar / Hari raya dan tidak sedikit yang mengikuti seperti itu. Untuk mengatasi hal ini, Masyarakat memohon kepada pemerintah agar dapat tegas menjatuhkan sanksi kepada pengusaha yang kerap kali menaikkan harga saat momen besar.

Apalagi kini sejumlah komoditas pokok telah ditentukan dalam harga acuan pangan dari Peraturan Menteri Perdagangan.

Ada juga masalah melonjak nya harga pokok dari normal ke tinggi , Seperti Contohnya

  • Telur dari harga Rp. 25.000/Kg menjadi Rp.27.000/Kg ,
  • Gula Pasir dari harga Rp.12.000/Kg menjadi Rp.12.500/Kg ,
  • Daging Ayam Rp.36.000/Kg menjadi 38.000/Kg ,
  • Minyak Sayur dari harga Rp.13.000/Liter menjadi Rp.14.000/Liter ,
  • Cabe Rawit dari harga Rp.20.000/Kg menjadi Rp.40.000/Kg ,
  • Beras Kualitas Menengah dari harga Rp.8.500/Liter menjadi Rp.9.500/Liter,

Berikut contoh kenaikan harga yang terjadi di Pasar Tradisional Cigombong Warungkiara Kabupaten Sukabumi.

Bagaimana Cara Menstabilkan Harga Sembako di masa Depan ?

Pelemahan ekonomi dunia telah mempengaruhi ekonomi nasional. Berapa bulan terakhir soal kenaikan harga bahan pokok cukup signifikan. Pada akhir tahun 2019 kebutuhan pokok mengalami ketidakstabilan. Disisi lain realisasi anggaran pemerintah sudah lebih dari cukup untuk direalisasikan.

Tapi tetap mengalami ketidakstabilan harga sembako. Ada apa ini?.

Bagaimana strategi untuk keluar dari situasi ini?.

Dimana semua rencana anggaran dan pendapatan dapat meningkat untuk mengatasi ketidakstabilan harga sembako. Semua demi masa depan bangsa.

Terlepas dari pro kontra soal harga yang melambung tinggi. Sebenarnya ada dua strategi yang dapat untuk menjaga stabilitas bahan pokok, yakni pergerakan dari pemerintah dan simpatisan masyarakat.

Jika kedua ini digerakkan dengan serius, sistemik dan simultan maka sangat besar kemungkinan akan mengalami stabilitas harga. Sehingga proses penyelesaian masalah harga untuk periode terakhir berjalan dengan baik untuk menjaga stabilitas keuangan di pasar dan bursa saham.

Oleh karena itu, perlu merumuskan strategi dalam menjaga stabilitas harga sembako. Setidaknya ada lima strategi yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk program aksi yang dimasyarakatkan.

Pertama, melakukan operasi pasar murah. Sudah sewajarnya pemerintah melalukan operasi pasar murah. Langkah yang baik bukan hanya keliling pasar tanpa mendapatkan hasil. Ketika turun ke pasar sudah disiapkan teknologi untuk masyarakat dan memberikan solusi konkret. Sedangkan bagi mereka yang “nakal” segera ditindak.

Kedua, melakukan subsidi bahan pokok. Jika pemerintah merasa peka dan mampu mengendalikan serta berbuat banyak untuk menjadi kuat maka subsidi sangat penting untuk menjaga stabilitas harga sembako. Subsidi ini bagian terpenting untuk pemerintah dalam rangka membuat suasana menjadi sejuk dan indah di masyarakat.

Ketiga, identifikasi barang import. Banyak barang sembako masih belum terpenuhi di dalam negeri. Oleh karena itu perlu identifikasi kebutuhan bahan pokok. Tentu masih saja ada perilaku semabarang yang tidak masuk dan diimpor. Hal inilah yang harus ditindik. Untuk itu memiliki dan memilah import memiliki tujuan demi kesejahteraan rakyat, walau beras sekalipun. Melaksanakan import berarti pemerintah masih berpikir jangka panjang demi rakyatnya.

Keempat, menanam cabe. Program ini seolah baru, di Jawa juga di beberapa tempat program jalan dan sebagai alternatif menjaga inflasi. Memang banyak tanaman lain. Tapi cabe lebih mudah dan digunakan hampir setiap hari. Jelaslah dengan menanam cabe sudah ikut serta dalam menjaga stabilitas harga sembako.

Kelima, siliaturrahmi petani-profesor. Untuk menjaga stabilitas harga itu maka petani dan profesor juga bisa aktif untuk mengurusi masyarakat sampai pada solusi.

Sedangkan strategi untuk masyarakat setidaknya ada tiga strategi yang dapat menjaga stabilitas harga.

  1. Membuat gerakan membeli di warung tetangga
  2. Gerakan menanam cabe.
  3. Membentuk gerakan bersama menjaga harga sembako.

Penjelasan di atas setidaknya telah dapat sebagai gambaran agar kita dan pemerintah terus bermitra untuk menjaga stabilitas harga sembako.

Tujuan dari tulisan ini setidak mencontoh beberapa tempat yang berpengalaman dan mencoba mengajak berpikir rasionalitas tentang menjaga stabilitas harga sembako demi kesejahteraan rakyat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *