Polling Capres 2024, Anis-Ahok-Ganjar Bersaing Ketat

Polling-Capres

SUKABUMI – Final live  Senin 18 April 2022 tetap menempatkan Anies Baswedan sebagai yang terkuat mengalahkan lima kandidat lainnya. Bahkan, nama manta Gubernur DKI Jakarta ini mampu konsisten di urutan pertama setiap polling yang mengikutsertakan dirinya.

Di bach ke 11 ini yang digelar secara live selama dua jam penuh mulai pukul 19.00-21.00 WIB, ini Anis mengalahkan lima kandidat lain mulai dari Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Habib Rizieq Shihab dan Ustaz Abdul Somad.

Bacaan Lainnya

Live polling sendiri seperti biasa digelar di akun TikTok @officialradarsukabumi dan akun Radar Bogor Grup (RBG). Enam kandidat itu merupakan pemenang dari babak kualifikas dan semifinal yang digelar pada 9 batch sebelumnya.

Tiga kandidat merupakan pemenang Live Polling Capres 2024 Batch 9 atau babak semifinal pada Senin 4 April 2022 lalu. Ketiganya yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (37,4 persen), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (31,3 persen), dan Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (13,8 persen).

Sedangkan tiga kandidat lainnya yang masuk babak final, yakni pemenang live polling capres 2022 batch 10 pada Senin 11 April 2022. Ketiganya yakni mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo (39,3 persen), Habib Rizieq Shihab (20,8 persen), dan Ustaz Abdul Somad (19,6 persen).

Sejak live polling mulai digelar, dukungan terhadap Anies, Ahok dan Ganjar sama-sama melijit dan bersaing ketat. Anies yang paling unggul.

Meski unggul, tapi selisih dukungan dengan Ahok dan Ganjar tak terpaut jauh. Bahkan, dukungan yang didapat ketiganya nyaris saling susul.

Selepas satu jam pertama, dukungan terhadap Anies mulai bergerak naik. Walau dukungan terhadap Ahok dan Ganjar juga naik, tapi Anies masih tak tergoyahkan di posisi puncak. Suara dukungan netizen terhadap Anies pun mulai meninggalkan Ahok dan Ganjar di 30 menit terakhir.

Hasilnya, Anies Baswedan unggul atas Ahok dan Ganjar dengan perolehan dukungan suara mencapai 32,5 persen. Yang cukup mengejutkan, suara dukungan Ahok malah mengalahkan Ganjar Pranowo yang selama ini bersaing ketat dengan Anies Baseedan.

Dengan dukungan sebanyak 26,8 persen, Ahok berada di posisi kedua. Disusul Ganjar Pranowo dengan dukungan mencapai 21,3 persen. Sedangkan tiga kandidat lainnya, yakni Ustaz Abdul Somad (7,8 persen), Habib Rizieq Shibab (6,5 persen) dan Gatot Nurmantyo (5,1 persen). (nur)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.