KPU Pastikan Semua TPS Gunakan Sirekap

  • Whatsapp
Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi, Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Budi Ardiyansyah,

SUKABUMI — KPU RI memastikan semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) menggunakan Sirekap Pada Pilkada 2020 mendatang.
Sekalipun dalam perkembangan terakhir Sirekap menjadi alat publikasi dan alat bantu rekapitulasi. Pengawas TPS & saksi akan tetap menerima salinan C Hasil Kwk dalam bentuk fisik.

Menanggapi hal tersebut, Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi, Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Budi Ardiyansyah mengatakan, KPU Kabupaten Sukabumi sudah menyatakan kesiapannya dari kemarin. Bahkan, KPU Sukabumi sudah melakukan pemetaan titik TPS mana yang tidak terjangkau sinyal.
Berdasarkan dari jumlah 5.171 Tempat Pemungutan Suara (TPS), sebanyak 231 TPS yang tidak terjangkau sinyal. Meski begitu, KPU Kabupaten Sukabumi sambil menunggu PKPU Tungsura dan PKPU Rekapitulasi setelah proses RDP dengan komisi II DPR RI oleh KPU RI yang selanjutnya dilakukan harmonisasi, kami terus melakukan konsolidasi terkait penggunaan aplikasi sistem rekapitulasi secara elektronik (Sirekap).

Bacaan Lainnya

Artinya, bagi TPS yang tidak terjangkau sinyal hanya dilakukan secara Offline terlebih dahulu untuk kemudian mencari lokasi yang ada signal, selanjutnya mengsubmit file yang sudah verifikasi.

“Dari 5.171 TPS ada 231 TPS yang tidak ada signal, namun meski begitu kami sudah berkoordinasi dengan KPU Jawa Barat. Nantinya, solusi TPS yang tidak ada signal ini bisa mengirim atau mengsubmit di luar lokasi TPS atau bergeser kepada lokasi yang memiliki Signal bagus, “terangnya
.

Untuk persiapan sirekap ini, KPU sendiri sudah mengikuti Bimbingan Teknis yang digelar oleh KPU RI, untuk selanjutnya KPU Kabupaten Sukabumi akan membintek trainer serekap. Kemudian dilakukan hal serupa pada PPK dan PPS, setelah selesai kita akan melakukan simulasi penerapan sirekap. “Setelah semua selesai, kami pada tanggal 21 akan melakukan simulasi Nasional penggunaan sirekap, “terangnya.

Kemudian, pada tanggal 24-25, KPU akan melakukan Bimbingan Teknis bagi KPSS dan dilakukan kembali simulasi nasional. Pada intinya, sampai saat ini KPU sendiri sedang mempersiapkan SDMnya agar bisa mengerti tentang penggunaan Sirekap.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *