KPU : Internet dan SDM Jadi Kendala Penerapan Sirekap di Pilkada 2020

  • Whatsapp
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jabar Endun Abdul Haq

SUKABUMI — Pilkada 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menerapkan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Pemetaan dan persiapan sampai saat ini masih terus dipersiapkan. Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jabar Endun Abdul Haq dalam kunjungannya ke Kabupaten Sukabumi mengatakan, bahwa sistem sirekap merupakan sistem yang baru dan pertama kali digunakan dalam demokrasi di Indonesia.

“Pengenalan sirekap ini perlu disebarluaskan ke pemangku kebijakan, pasalnya penerapan sirekap akan berjalan baik ketika unsur pemangku kebijakan dan yang menjalankan sistem dalam hal ini SDM atau KPPSnya bisa mengerti dan bisa mengoperasikan sirekap, “jelas Endun Abdul Haq kepada sejumlah wartawan beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya

Dukungan dari pemerintah dan provider swasta tentang ketersediaan jaringan tentunya harus dimatakangkan, pasalnya tidak semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang bisa terakses internet secara langsung. Untuk itu dirinya memerintahkan KPU di daerah untuk mengidentifikasi terkait sinyal.

“Kan di daerah tidak semua sinyal masuk ke TPS, ada sinyal kuat, sedang, lemah dan tidak ada. Nah itu jadi masalah utama selain para KPPS dalam mengoperasikannya bisa atau tidak. Khusus untuk kualitas sinyal kita nantinya akan mencari jalan keluar bagi TPS yang sinyalnya buruk, dari 5171 TPS mungkin ada beberapa yang lemah dan tidak ada sinyal, “tukasnya.

Sebelumnya, KPU memetakan tempat pemungutan suara (TPS) yang tidak memiliki akses internet serta menyusun mitigasi, karena petugas akan mengunggah hasil penghitungan suara ke aplikasi Sirekap dalam satu hari pada pemungutan dan penghitungan suara. Bahkan, KPU RI telah meminta jajaran KPU provinsi dan kabupaten/kota agar memetakan titik koordinat TPS. Lalu, KPU berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mengetahui kondisi layanan telekomunikasi di daerah yang dibangun TPS tersebut.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *