Hari ini, Zulkifli Hasan Hingga Hadi Tjahjanto Dikabarkan Masuk Kabinet Indonesia Maju

Zulkilfi Hasan dan Hadi Tjahjanto
Zulkilfi Hasan dan Hadi Tjahjanto Dilantik Jadi Menteri Hari Ini---Publiktanggamus.com

JAKARTA — Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hari ini menjadi anggota kabinet.

Jokowi akan menggelar pelantikan di Istana Negara, Jakarta Pusat siang ini, Rabu 15 Juni 2022. Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto akan menggantikan dua menteri yang ada di kabinet Indonesia Maju saat ini.

Bacaan Lainnya

Zuhas akan menggantikan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) dan Hadi Tjahjanto akan menggantikan posisi Sofyan A Djalil sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertahanan Nasional dalam kabinet.

Selain dua menteri baru, Jokowi dikabarkan nantinya juga akan melantik tiga wakil menteri baru. Dua di antara wakil menteri itu dari Partai Gerindra dan satu lagi dari Partai SOlidaritas Indonesia (PSI).

Pelantikan itu dijadwalkan berlangsung siang ini pukul 13.30 WIB dan pemberitahuan juga sudah diberikan ke pejabat tinggi negara. Istana menegaskan bahwasannya reshuffle kabinet bebas dilakukan Jokowi kapan pun dia mau.

Pasalnya, sebagai presiden mempunyai hak prerogratif yang digunakan untuk merombak kabinet kerjanya. Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan saat ini hanya Jokowi yang tahu betul bagaimana kondisi kabinetnya.

“Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden,” kata Pramono Anung Selasa 14 Juni 2022.

“Ya yang jelas Presiden, kan beliau sudah 8 tahun di pemerintahan ini dan beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini, sehingga itu yang menjadi… beliau sangat tahulah,” tambahnya.

Reshuffle kabinet sepertinya bukan isapan jempol. Spekulasi sejumlah nama yang muncul sejalan dengan kehadiran beberapa Menteri dan kandidat ‘pembantu’ Presiden Joko Widodo ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 14 Juni 2022 petang.

Salah satu yang diundang yakni Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan diiringi Sofyan Djalil yang lebih dulu singgah di Istana.

Presiden juga memanggil sejumlah menteri kabinet ke Istana, antara lain, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra, dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan