Cegah Covid-19, Pelipatan Surat Suara Patuhi Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
LIPAT SURAT SUARA: Sejumlah petugas mengebut proses pelipatan surat suara Pilkada Kabupaten Sukabumi yang dilangsungkan di Gudang KPU Cibadak. (HANDI/RADAR SUKABUMI)

SUKABUMI – KPU Kabupaten Sukabumi mulai melakukan pelipatan suara Pilkada sejak Sabtu (21/11). Pelipatan dilaksanakan di Gudang KPU dengan pertimbangan protokol kesehatan (prokes) dalam rangka pencegahan Covid-19.

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman mengungkapkan, gudang penyimpanan surat suara sekaligus dijadikan tempat sortir dan pelipatan (sorlip) memang terlalu sempit. Untuk itu, dalam proses sorlip dilakukan dua shift kerja, setiap Shift dibagi dua ruangan satu ruangan jumlah petugasnya 50 orang.

Bacaan Lainnya

“Ia karena harus mematuhi protokol kesehatan, proses sorlip dibagi dua Shift. Untuk Shift pertama bekerja sejak pukul 07:00 WIB sampai 16:00 WIB, untuk Shift dua dimulai pukul 16:00 WIB sampai pukul 22:00 WIB, “jelas Ferry kepada Radar Sukabumi, (23/11).

Untuk setiap shiftnya, jumlah pekerja yang dilibatkan 100 orang dikali dua shift jumlahnya menjadi 200 orang. Jarak duduknya diatur. Pun demikian sebelum masuk ruangan juga dipastikan menerapkan prokes, seperti wajib mencuci tangan dengan sabun dan wajib memakai masker. Tidak diperkenan membawa barang-barang selain untuk kepentingan pelipatan. “Di sini bisa jaga jarak. Surat suara juga aman tidak berserakan, karena di atas meja,” terangnya.

Untuk Pelipatan surat suara ditarget selesai lima hari kerja. Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi, Divisi Program Data dan Informasi Ayi Saepudin, mengatakan berdasarkan data sorlip di hari kedua KPU sudah melakukan sorlip 473,682 surat suara dan dari jumlah tersebut ditemukan 133 surat suara yang rusak. “Alhamdulilah, saat ini berdasarkan data yang kami terima dua hari pelipatan mencapai 473,682 suara, tercatat ada 133 yang rusak. Nantinya, yang rusak ini dikembalikan lagi ke percetakan untuk diganti, “jelas Ayi.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *