Sudah Saatnya Punya PTN Sendiri

SIDOARJO, RADARSUKABUMI.com – Kota Delta punya 436 warga yang bergelar S-3. Mereka berasal dari beragam di siplin ilmu dan berperan di berbagai bidang. Baik di Sidoarjo sendiri, Surabaya, maupun kota-kota lain.

’’Sebagian besar akademisi,’’ ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sidoarjo Medi Yulianto.

Bacaan Lainnya

Banyak yang menjadi dosen. Baik mengajar di perguruan tinggi dalam kota maupun luar kota. Salah seorang warga Sidoarjo yang bekerja di Surabaya ialah Tri Ratih Agustina. Ratih saat ini mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya.

Menurut dia, Sidoarjo sangat layak menjadi penyangga Kota Surabaya. ’’Kota semimetropolis,’’ kata mantan kepala Dinkes Sidoarjo tersebut.

Sebagai kota penyangga, lanjut Ratih, Sidoarjo diharapkan menjadi wilayah yang ramah kepada warganya. Dapat menyelenggarakan pendidikan dengan menyerap warga di bidang kependidikan.
’’Fasilitas pendidikan harus ditambah,’’ paparnya.

Memang, Sidoarjo perlu menambah fasilitas pendidikan, terutama jenjang perguruan tinggi. Lebih-lebih, warga yang bergelar magister atau lulus S-2 jauh lebih melimpah. Dengan begitu, warga Kota Delta bisa memilih pendidikan sesuai dengan minat dan kemampuan.

Harapan lebih muncul dari Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Swasta dan Kepala SMK YPM 8 Sidoarjo, Kisyanto.

Ratusan doktor yang bermukim di Kota Delta memungkinkan munculnya ’’wadah’’ baru. Para warga terdidik itu bisa berkolaborasi untuk kemajuan Sidoarjo.

Misalnya, kolaborasi dalam pengembangan pendidikan tinggi. Sudah saatnya Sidoarjo punya perguruan tinggi negeri (PTN). ’’Harus mulai dari sekarang
prosesnya,’’ ungkap Kisyanto.

 

(may/uzi/c15/roz)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.