SMKN 3 Sukabumi Tingkatkan Kompetisi Keahlian Siswa dengan Kreasi Masak Mie

SUKABUMI – Mendorong kompetisi keahlian para siswa, SMKN 3 Sukabumi bekerjasama dengan PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Noodle menggelar kegiatan seminar dan kreasi masak mie yang digelar di SMKN 3 Sukabumi, Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Kamis (9/12).

Mengusung tema “I Enjoy A Day With Indomie”, kegiatan ini diikuti ratusan siswa SMKN 3 Sukabumi jurusan tataboga.

Wakil Kepala Bidang Humas SMKN 3 Sukabumi, Ira Yulia mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari MoU SMKN 3 Sukabumi dengan PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari pada 22 September 2022. SMKN 3 Sukabumi sebagai Sekolah Pusat Keunggulan (SMK PK) diwajibkan adanya MoU dengan perusahaan yang bisa membina SDM baik SDM guru maupu SDM siswanya.

“Alhamdulillah kita mendapat dukungan dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk dimana kami melakukan MoU dengan anak perusahaan Indofood yaitu Bogasari, akan tetapi seluruh kegiatan holding company yaitu Indofood support semua kegiatan yang ada di SMKN 3 Sukabumi salah satunya kegiatan yang berlangsung hari ini,” terang Ira kepada Radar Sukabumi, Kamis (8/12).

Dengan adanya kerjasama antara SMKN 3 Sukabumi dengan Indofood Sukses Makmur Tbk khususnya divisi Noodle, pihaknya pun berharap para siswa bisa lebih terasah kreativitas mereka mengolah mie dan SDM mereka lebih bagus lagi sehingga lulus dari SMKN 3 Sukabumi outputnya mampu berwirausaha dengan baik. Sehingga para lulusan tidak hanya siap bekerja di dunia usaha dan dunia industri, tapi juga siap menjadi pelaku usaha.

Kegiatan ini pun mendapat antusias dari para siswa, pasalnya lomba kreasi memasak mie ini merupakan lomba pertama yang mereka ikuti.

“Tahun-tahun kemarin tidak kita lakukan karena pandemi, baru setelah ini dan kebetulan ada kerjasama dengan Indofood tentu kita sambut baik dan anak-anak sangat senang,” ucapnya.

Marketing Indomie, Sukabumi Tomi menambahkan pada kegiatan I Enjoy A Day With Indomie ada tiga kegiatan yang dilaksanakan. Pertama kegiatan workshop mengenai kuliner menghadirkan mitra Indofod, owner warung makan Indomie (Warmindo) asal Bandung yaitu Warmindo Bang Jeck dimana pada workshop ini saling berbagi pengalaman tentang berwirausaha. Worksop diikuti 200 siswa kelas 12 jurusan tataboga.

Kemudian acara kedua yaitu lomba kreasi Indomie, para siswa ditantang untuk membuat tiga kreasi makanan berbahan dasar mie.

“Untuk lomba ini ada 13 kelompok yang beraing mereka merupakan siswa kelas X, XI da XII, hasilnya luar biasa mereka sagat kreatif dengan mengkreasikan makanan berbahan dasar Indomie ada yang membuat burger dari mie dan kreasi lainnya,” terang Tomi.

Lomba kreasi mie ini nantinya akan dipilih enam peserta terbaik yang akan memperebutkan juara 1, 2 dan 3 serta juara harapan 1,2 dan 3. Hasil kreasinya akan diprenstasikan kepada empat juri untuk dinilai. Juri sendiri menghadirkan empat juri profesional yaitu Chef Hotel Pangrango sebagai juara 1, Marketing Indomie, Owner Warmindo Bang Jeck dan Owner Warmindo Mie SP Sukabumi.

Kegiatan ketiga yaitu makan bersama mie yang diikuti 1200 siswa. 30 orang siswa ditantang membuat 1200 mie instan dalam waktu 1 jam dan hasl masakannya akan dimakan bersama-sama oleh 1200 siswa di lapang SMKN 3 Sukabumi.

“Target dari ketiga kegiatan intinya kita berharap sesuai dengan misi Indofood yaitu bagaimana memperkenalkan anak khususnya SMKN 3 dunia entrepreneur sehingga setelah lulus sekolah mereka siap baik itu bekerja atau menjadi wirausaha karena merka sudah dibekali dunia entrepreneur,” tuturnya.

Sementara itu, Head of Publik Relations (PR) Rudianto Pangaribuan menyambut baik adanya jalinan kerjasama SMKN 3 Sukabumi dengan Bogsari, Rudi mengatakan visi dan misi SMKN 3 Sukabumi sejalan dengan Bogasari dimana program CSR Bogasari lebih kepada investasi kurikulum pendidikan.

“Salah satu yang melatar belakangi kerjasama Bogasari dengan SMKN 3 Sukabumi yaitu dikhususkan untuk pengembangan kompetensi para siswa dan guru program keahlian kuliner yang akan berlangsung selama tiga tahun. Dimana, target Bogasari tidak sekadar mempersiapkan lulusan SMK siap kerja yang kompeten di bidang kuliner,” ucapnya.

Lanjut Rudi, kegiatan ini merupakan kegiatan kedua lanjutan dari kerjasama engan Bogasari, sebelumnya para guru tataboga SMKN 3 Sukabumi diberikan kesempatan melaksanakan kegiatan magang selama satu bulan di Bogasari Beaking Center (BBC). Para guru diberi pembelajaran tentang penguatan teori dan praktik. Baru di bulan kedua kegiatan magang akan dilaksanakan oleh para siswa SMKN 3 Sukabumi.

“Di kita magang tidak hanya dilakukan oleh siswa teapi juga para guru dengan targt para guru ini menambah wawasan baru yang bisa ditularkan kepada siswanya dan untuk para siswa diharapkan mereka bisa menjadi calon pengusaha, sehingga tujuan bersama kita bagaimana kita kita meyakinkan bahwa siswa SMK Tataboga bisa jadi pengusaha dan itu target kita,”ujarnya.

Rudi menambahkan, kerjasama tersebut merupakan satu dari sekian program Coorporate Social Responsibility (CSR) Bogasari di sektor pendidikan yang bernama Bogasari Mengajar.

Terkait kerja sama program SMK PK, Bogasari akan melakukan berbagai transfer ilmu pengetahuan melalui kelas mengajar, praktik kerja lapangan atau magang, dan kunjungan industri. (wdy)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *