SMK Pasim Kenalkan Siswanya dengan Dunia Kerja

  • Whatsapp

SUKABUMI— SMK Pasim Plus Sukabumi tidak hanya membekali siswanya ilmu pengetahuan saja, tetapi juga berfokus mempersiapkan para siswanya untuk siap bekerja saat lulus nanti. Dengan skill yang diberikan SMK Pasim Plus Sukabumi agar ketika lulus, bisa langsung diterima ke dalam dunia kerja.

Untuk itu, melalui hubungan Industri (Hubin) bekerjasama dengan Bimbingan Konseling (BK) – Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Pasim Plus Sukabumi mengadakan kegiatan Webinar Pembekalan Kuliah dan Kerja.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dilaksanakan selama beberapa hari kedepan ini menghadirkan beberapa narasumber yang ahli dibidangnya. Webinar dilaksanakan secara daring melalui live youtobe SMK Pasim Plus Sukabumi.

Wakil Kepala Sekolah Hubungan Industri (Hubin), Juli Budi Satya mengatakan kegiatan ‘Pembekalan Dunia Kerja dan Kuliah merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahunnya. hanya saja untuk tahun ini digelar secara online lantaran masih dalam masa Pandemi Covid-19.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada pelajar SMK Pasim Plus Sukabumi, khususnya bagi mereka yang sudah kelas XII terkait dengan persiapan dan mengenalkan tentang perkuliahan, menyiapkan siswa di dunia kerja tersebut tentang bagaimana mempersiapkan tes wawancara serta cara mempersiapkan CV yang benar dan menarik. Selain itu, dalam kegiatan ini siswa juga dibekali ilmu tentang berwirausaha.

“Sesuai target dan visi misi SMK Pasim Plus Sukabumi, 75 persen lulusan kita terserap dunia kerja dan berwirausaha dan 25 Persen
terserap perguruan tinggi. Maka dari iru sebelum mereka terjun ke dunia luar setelah lulus nanti kita bekali mereka agar mereka siap saat lulus nanti,” terangnya.

Dikatakan Juli, tahun 2020 sebanyak 65 persen siswanya sudah terserap dunia kerja seperti ada yang bekerja di instansi pemerintahan, televisi bahkan ada juga yang ke Jepang. menuruitnya itu menjadi sebuah prestasi yang sangat membaggakan bagi sekolahnya. Hal ini membuktikan bahwa sekolah SMK swasta pun bisa bersaing dengan SMK negeri bahkan prestasinya pun tak kalah jauhnya dengan SMK negeri.

Sementara itu, Kepala BK dan BKK SMk Pasim Plus Sukabumi, Yulanda menambahkan acara webinar ini diikuti khusus untuk siswa kelas XII SMK Pasim Plus Sukabumi selama beberapa hari kedepan yaitu mulai tanggal 3, 5,7, 8 dan 31 Mei 2021. Adapun SMK Pasim Plus kali ini menghadirkan narasumber seperti diantaranya Direktur Program Pasim Rinalwan Buchari, HC Group Leader PT Putra Pusaka Abadi Akmal Maulana dan Sales Supervisor Mitsubishi Sukabumi Dedih Djuansyah.

“Banyak tema yang kita bahas dini ada tentang caarer day, Campus Day, Kewirausahaan, Teknik Pemuatan CV hingga Teknik Wawancara Kerja,” imbuhnya.

Kepala SMK Pasim Plus Sukabumi Devi Kunapei sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini. Menurutnya pembekalan dunia kuliah dan kerja bisa menjadi bekal bagi para siswa saat lulus nanti. Tidak hanya itu, saat ini SMK Pasim Plus Sukabumi menjadi sekolah kepercayaan bagi dunia usaha dan industri. Terbukti, SMK Pasim Plus Sukabumi sudah banyak bekerjasama dengan beberapa perusahaan dan kampus ternama baik di Sukabumi maupun luar Sukabumi.

“Harapannya dari kegiatan ini bisa menjadikan motivasi bagi siswa untuk mau berwirausaha dan bekerja,” pungkasnya. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *